Senin, 06/05/2024 15:09 WIB

Novak Djokovic Rebut Kembali Peringkat Satu Dunia

Djokovic, 36, memulai pekan ke-388 yang memperpanjang rekornya di puncak pada Senin (12/7), naik dua tingkat di klasemen setelah kemenangannya di Paris pada akhir pekan.

Novak Djokovic dari Serbia mencium trofi Prancis Terbuka pada 12 Juni 2023, di depan Menara Eiffel setelah memenangkan gelar. (Foto: Reuters/Clodagh Kilcoyne)

JAKARTA, Jurnas.com - Novak Djokovic merebut kembali peringkat nomor satu dunia dari Carlos Alcaraz setelah memenangkan rekor gelar Grand Slam ke-23 putra di Prancis Terbuka, sementara Rafa Nadal keluar dari 100 besar untuk pertama kalinya dalam 20 tahun.

Djokovic, 36, memulai pekan ke-388 yang memperpanjang rekornya di puncak pada Senin (12/7), naik dua tingkat di klasemen setelah kemenangannya di Paris pada akhir pekan. Dia mengalahkan petenis Spanyol, Alcaraz di semifinal turnamen.

Alcaraz turun ke posisi kedua sementara Daniil Medvedev, yang tersingkir di putaran pertama, juga turun satu tingkat ke posisi ketiga. Runner-up Roland Garros Casper Ruud tetap di tempat keempat.

Nadal, juara Prancis Terbuka 14 kali, mengalami musim yang dilanda cedera dan tidak bermain sejak Januari karena cedera pinggul yang diderita selama Australia Terbuka.

Pemain berusia 37 tahun itu turun dari peringkat 15 ke peringkat 136 karena terus absen dari tur. Dia menjalani operasi awal bulan ini dan diperkirakan akan absen selama lima bulan.

Di peringkat putri, Iga Swiatek mempertahankan posisi teratas setelah mempertahankan gelar Prancis Terbuka. Dia memegang peringkat tersebut sejak April 2022, naik ke puncak setelah Ash Barty pensiun.

Aryna Sabalenka yang menjuarai Australia Terbuka pada Januari lalu sempat menyalip Swiatek namun kalah dari Karolina Muchova di semifinal dan tetap di posisi kedua. Finalis Prancis Terbuka Muchova naik dari peringkat ke-43 ke peringkat tertinggi dalam kariernya ke-16.

Juara bertahan Wimbledon Elena Rybakina, yang mengundurkan diri sebelum pertandingan putaran ketiganya di Paris karena sakit, naik satu peringkat ke posisi ketiga.

Jessica Pegula turun dua peringkat ke urutan kelima, sementara Beatriz Haddad Maia menjadi petenis putri Brasil pertama yang mencapai 10 besar menyusul mimpinya melaju ke semifinal Prancis Terbuka.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Petenis Peringkat Satu Dunia Novak Djokovic Carlos Alcaraz Prancis Terbuka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :