Senin, 29/04/2024 23:14 WIB

Putin Sebut Silvio Berlusconi Politisi Kelas Dunia

Berlusconi akan dikenang di Rusia sebagai

Mantan Perdana Menteri Italia dan pemimpin partai Forza Italia, Silvio Berlusconi menghadiri rapat umum menjelang pemilihan daerah di Emilia-Romagna, di Ravenna, Italia, 24 Januari 2020. Flavio Lo Scalzo/Reuters

Moskow, Jurnas.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Silvio Berlusconi dari Italia sebagai teman baik dan politisi yang luar biasa sebagai penghormatan kepada mantan perdana menteri yang meninggal pada Senin dalam usia 86 tahun.

"Bagi saya, Silvio adalah orang yang baik, teman sejati. Saya selalu mengagumi kebijaksanaannya, kemampuannya untuk membuat keputusan yang seimbang dan berpandangan jauh ke depan bahkan dalam situasi yang paling sulit," kata Putin dalam pesan belasungkawa.

Berlusconi akan dikenang di Rusia sebagai "pendukung yang konsisten dan berprinsip untuk memperkuat hubungan persahabatan antar negara kita", katanya.

Seperti mantan kanselir Jerman Gerhard Schroeder, Berlusconi memupuk hubungan dekat dengan Moskow selama tahun-tahun pertama Putin di Kremlin sejak tahun 2000 dan seterusnya.

Baik Berlusconi dan Schroeder menjadi teman pribadi pemimpin Rusia dan dikritik di Barat karena mendukungnya lama setelah perebutan Krimea oleh Rusia pada 2014 dari Ukraina.

Berlusconi mendapat kecaman sebelum pemilihan Italia tahun lalu ketika dia mengatakan Putin telah "didorong" untuk menyerang Ukraina beberapa bulan sebelumnya dan ingin menempatkan "orang yang baik" untuk bertanggung jawab di Kyiv.

"Putin didorong oleh rakyat Rusia, oleh partainya, oleh para menterinya untuk melakukan operasi khusus ini," katanya pada saat wawancara TV, menggunakan eufemisme Putin sendiri.

Berlusconi kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan: "Agresi terhadap Ukraina tidak dapat dibenarkan dan tidak dapat diterima."

Dalam sebuah wawancara TV Rusia pada hari Senin, Putin menyebut Berlusconi "seorang politisi kelas dunia, hanya ada sedikit orang seperti itu di arena internasional sekarang". Dia juga mencatat peran Berlusconi dalam menjalin dialog antara Rusia dan NATO.

Dalam wawancara jalanan, orang Rusia biasa memberikan penghormatan kepada Berlusconi.

"Kami sudah lama mengenalnya. Dia adalah teman bagi negara kami," kata warga Moskow Yulia Kuznetsova.

Alexei, yang menolak memberikan nama belakangnya, mengatakan Berlusconi adalah bagian dari Eropa yang kini telah "memunggungi" Rusia.

"Kami sedang melihat ke arah timur sekarang. Tapi dia orang yang baik. Sosok yang menjulang tinggi. Semoga dia beristirahat dalam damai," katanya.

KEYWORD :

Silvio Berlusconi Vladimir Putin Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :