Senin, 29/04/2024 13:18 WIB

Temui Kabareskrim Polri, Tokoh Melanesia Albert Hama: Komjen Pol Agus Sosok Humanis

Tokoh Melanesia asal Maluku Utara menemui Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto. Ada apa?

Tokoh Melanesia asal Maluku Utara temui Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Tokoh Melanesia asal Maluku Utara Albert Hama menyebut Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto adalah sosok anggota Polri yang humanis sekaligus pemberani. Hal itu disampaikan Albert usai menemui Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto di Kantor Bareskrim Polri, Rabu (7/6).

"Ini adalah pertama kali saya menjumpai beliau langsung di kantornya, tadinya saya pikir beliau orangnya saklek apalagi Kabareskrim tapi rupanya beliau sangat santai, penuh humor juga, seakan tidak ada jarak, dan yang paling penting pesan-pesannya yang humanis," ungkap Albert dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (7/6).

Menurut Albert banyak pesan disampaikan Komjen Agus yang sangat sesuai dengan situasi dan kondisi hidup berbangsa dan bernegara.

"Utamanya yang beliau sampaikan adalah bagaimana tetap menjaga persatuan di antara sesama anak bangsa yang beraneka ragam ini dan jangan pernah main-main dengan isu SARA karena itu sangat berbahaya," ucap Albert.

Pada kesempatan ini, Albert yang adalah juga Pengurus DPP Alumni DPP GMNI tersebut mengapresiasi langkah penegakan hukum Polri terutama keberanian membersihkan institusi Polri dari anggota yang melanggar. Bukan hanya itu, pendekatan penegakan hukum yang humanis menjadikan Polri makin dipercaya publik.

Albert sendiri mengakui penegakan hukum yang dilakukan Polri selama ini sudah berjalan on the track yang membuat Polri makin dicintai masyarakat.

"Kalau tingkat kepuasan masyarakat pada Polri tinggi itu tentu tidak terlepas dari kinerja penegakan hukum juga yang berkeadilan dan humanis. Lebih dari itu keberanian Polri untuk menindak anggotanya, bahkan sekelas Jenderal sekali pun itu pantas mendapat apresiasi. Meski kami titipkan juga pada beliau agar hukum yang dianggap masih tajam ke bawah dan tumpul ke atas itu ke depan pantas jadi perhatian," sambung Pengurus DPP Alumni GMNI tersebut.

Bagi Albert, peran Bareskrim Polri sangat strategis untuk memastikan penegakan hukum di Tanah air. Beruntung kata dia, Bareskrim Polri dipimpin oleh sosok Komjen Agus yang meski tidak banyak muncul ke publik tetapi hasil kerjanya nyata dirasakan masyarakat. "Beliau tampaknya hanya sibuk bekerja dan tidak suka pamer juga dengan berbagi publikasi. Ini juga kita apresiasi," kata Albert.

Albert memastikan, pihaknya akan terus mengawal kinerja kepolisian sehingga tetap menjadi kebanggaan dan makin dicintai masyarakat Indonesia. "Saya ingat betul yang disampaikan Pa Agus bahwa insitusi Polri lebih dari segala-galanya, yang harus terus dijaga, bukan soal orang per orang. Dan ini artinya komitmen menjaga marwah dan martabat Polri tidak kita ragukan lagi," tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Albert juga mengundang Kabareskrim untuk menghadiri Deklarasi Forum Cendekiawan Melanesia Republik Indonesia (FORKAMRI) yang akan digelar di Jakarta pada Juli mendatang. "Forkamri adalah rumah kebangsaan anak-anak Melanesia asal Papua, NTT,  Maluku dan Maluku Utara yang ingin memberi kontribusi positif bagi negara ini. Dan kami ingin juga agar Pa Kabareskrim hadir untuk memberi pengarahan pada kami," pungkas Albert.

KEYWORD :

Komjen Pol Agus Kabareskrim Polri Tokoh Melanesia Albert Hama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :