Minggu, 28/04/2024 10:21 WIB

Diam-Diam, KPK Pernah Periksa Adik Ipar Jokowi

Febri menjawab diplomatis saat disinggung mengapa pemeriksaan Arif tak dilansir sebagaimana biasanya pemeriksaan saksi lainnya. 

Foto kantor KPK

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata pernah memeriksa Arif Budi Sulistyo. Lelaki yang disebut-sebut adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu diperiksa saat proses kasus dugaan suap terkait penghapusan pajak PT Eka Prima Ekspor Indonesia saat  penyidikan di lembaga antikorupsi.

Demikian disampaikan Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Selasa (14/2/2014). Menurut Febri, pemeriksaan terhadap Arif dilakukan sekitar bulan Januari 2017. "Sudah cek hal tersebut dan Arif Budi Sulistyo pernah dilakuakn pemeriksaan dalam tahap penyidikan sekitar pertengahan Januari," kata Febri.

Namun, Febri menjawab diplomatis saat disinggung mengapa pemeriksaan Arif tak dilansir sebagaimana biasanya pemeriksaan saksi lainnya.  Febri membantah ada unsur politis terkait hal itu. Dia memastikan  itu demi kepentingan penyidikan hingga akhirnya membawa bos PT EKP Ramapanicker Rajamohanan Nair ke kursi pesakitan.

"Ada kebutuhan-kebutuhan dan strategi penyidikan agar penyidik fokus substansi penanganan perkara dan sampai bisa menyusun dakwaan untuk tersangka yang jadi terdakwa," tegas Febri.

Pemberitaan jurnas.com sebelumnya berjudul; "Ada Adik Ipar Jokowi di Kasus Pajak PT EPE", menyebutkan ada keterlibatan Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi dan Arif Budi Sulistyo terkait penghapusan pajak PT Eka Prima Ekspor Indonesia senilai puluhan miliar rupiah. Andil itu tak luput dari campur tangan anak buah Ken, Handang Soekarno selaku Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Hal itu mengemuka dalam surat dakwaan terdakwa Country Director PT Eka Prima Ekspor Indonesia, Ramapanicker Rajamohanan yang dibacakan jaksa KPK di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/2/2014). Dalam surat dakwaan jaksa, terungkap bahwa Ken dan Arif yang yang disebut-sebut adik Ipar Joko Widodo (Jokowi) itu pernah melakukan pertemuan di Kantor Ditjen Pajak pada 23 September 2016.

KEYWORD :

Suap Pajak Arif Budi Sulistyo KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :