Minggu, 28/04/2024 13:24 WIB

IAEA Peringatkan Bahaya di Sekitar PLTN Zaporizhzhia Ukraina

Direktur Jenderal IAEA, Rafael Grossi mengeluarkan peringatan tersebut menyusul evakuasi yang sedang berlangsung di kota terdekat Enerhodar, yang diperintahkan oleh gubernur lokal yang dilantik Rusia.

Tim penyelamat bekerja di lokasi pemukiman yang rusak parah akibat serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Zaporizhzhia, Ukraina, pada 3 Mei 2023. (Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) memperingatkan, situasi di sekitar stasiun nuklir Zaporizhzhian yang dikuasai Rusia menjadi semakin tidak dapat diprediksi dan berpotensi berbahaya dan menyerukan langkah-langkah untuk memastikan operasi yang aman.

Direktur Jenderal IAEA, Rafael Grossi mengeluarkan peringatan tersebut menyusul evakuasi yang sedang berlangsung di kota terdekat Enerhodar, yang diperintahkan oleh gubernur lokal yang dilantik Rusia.

"Situasi umum di daerah dekat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia menjadi semakin tidak terduga dan berpotensi berbahaya," kata Grossi di situs web badan tersebut.

"Saya sangat prihatin dengan risiko keselamatan dan keamanan nuklir yang sangat nyata yang dihadapi pabrik. Kita harus bertindak sekarang untuk mencegah ancaman kecelakaan nuklir yang parah dan konsekuensi terkaitnya bagi penduduk dan lingkungan," sambungnya.

Pasukan Rusia merebut pabrik Zaporizhzhia beberapa hari setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi ke tetangganya pada Februari 2022. Kekhawatiran akan keamanan fasilitas ini meningkat karena di sekitar fasilitas itu kerap terjadi saling tembak antara kedua pihak.

Grossi terakhir kali mengunjungi stasiun Zaporizhzhia, instalasi tenaga nuklir terbesar di Eropa, pada Maret, sebagai bagian dari upaya berbicara dengan kedua belah pihak untuk mengamankan kesepakatan tentang perlindungan untuk memastikan operasi pabrik yang aman.

Dia telah berulang kali memperingatkan bahaya operasi militer di sekitar pabrik. Rusia September lalu memproklamasikan aneksasi empat wilayah Ukraina, termasuk wilayah Zaporizhzhia.

Pabrik tersebut terletak di bagian wilayah itu di bawah kendali Rusia, dengan banyak staf yang mengoperasikannya tinggal di Enerhodar di tepi selatan Sungai Dnipro.

Yevgeny Balitsky, gubernur bagian wilayah Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia, mengatakan pada Jumat bahwa dia telah memerintahkan evakuasi desa-desa yang dekat dengan garis depan dengan pasukan Ukraina di sana. Dia mengatakan penembakan Ukraina telah meningkat di daerah itu dalam beberapa hari terakhir.

Serangan balik musim semi Ukraina yang diharapkan secara luas terhadap pasukan Rusia dipandang kemungkinan besar akan terjadi di Zaporizhzhia wilayah, sekitar 80 persen di antaranya dipegang oleh Moskow.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

PLTN Zaporizhzhian IAEA Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :