Senin, 29/04/2024 13:44 WIB

Siapa Zakhar Prilepin yang Jadi Sasaran Bom Mobil di Rusia?

Novelis berusia 47 tahun itu dirawat di rumah sakit dengan luka di kedua kakinya pada hari Sabtu, tetapi sadar dan baik-baik saja, lapor kantor berita negara TASS, mengutip pejabat.

Zakhar Prilepin berpose di flatnya di Nizhny Novgorod, Rusia, 6 Desember 2008 [File: Mikhail Beznosov/ Reuters]

JAKARTA, Jurnas.com - Zakhar Prilepin, yang terluka dalam ledakan mobil di Rusia yang menewaskan pengemudinya, adalah tokoh properang terkemuka ketiga yang menjadi sasaran bom sejak invasi Moskow ke Ukraina pada Februari 2022.

Novelis berusia 47 tahun itu dirawat di rumah sakit dengan luka di kedua kakinya pada hari Sabtu, tetapi sadar dan baik-baik saja, lapor kantor berita negara TASS, mengutip pejabat.

Kementerian Luar Negeri Rusia menuduh Ukraina dan negara-negara Barat mendukungnya, terutama Amerika Serikat (AS), atas serangan terhadap penulis tersebut. Namun, seorang pejabat senior di Kyiv menuduh Moskow yang merencanakan insiden tersebut.

Prilepin, penulis beberapa novel yang terinspirasi oleh pengalaman perang dan tinggal di provinsi Rusia, pernah dipuji oleh kritikus sastra di Barat sebelum ia meletakkan pena dan senjatanya untuk melayani Kremlin di Ukraina.

Lahir pada 1975 di wilayah Ryazan, Prilepin dikirim untuk berperang dalam perang Rusia melawan separatis Chechnya pada 1990-an.

Setelah kembali ke kehidupan sipil, dia menceritakan kengerian perang dalam novel debutnya "Pathologies", yang menggambarkan tindakan unit pasukan khusus, termasuk minuman keras dan pembunuhan.

Dia melanjutkan untuk menulis lima novel lagi dan juga menulis banyak puisi, esai, dan artikel. Karya-karyanya telah diterjemahkan di Eropa Barat, dan dia adalah penerima berbagai penghargaan negara.

Ketika Prilepin mencoba membangun nama untuk dirinya sendiri di dunia sastra di Eropa pada 2000-an, dia menjadi aktivis oposisi, mengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin dan berkampanye untuk kaum miskin Rusia melawan oligarki korup.

Semuanya berubah dengan aneksasi Krimea oleh Rusia dari Ukraina pada tahun 2014.

Prilepin sejak itu menganut kebijakan Putin dan terus berjuang bersama separatis pro-Rusia di Ukraina timur, mengungkapkan pada 2017 bahwa dia telah menciptakan batalionnya sendiri.

"Dia bisa berdiri dengan bendera yang menyatakan perdamaian kepada dunia atau dia bisa mengangkat senjata."

Dalam wawancara YouTube tahun 2019, dia membual bahwa unitnya telah "membunuh banyak orang".

Menyusul invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, Prilepin, yang masing-masing memiliki sekitar 300.000 pelanggan ke saluran Telegram dan YouTube-nya, kemudian menjadi pendukung kampanye militer yang gigih. "Saya tidak bersalah atas apa yang terjadi. Itu sudah terjadi, sekarang kita harus melihatnya," katanya pada November.

Prilepin juga aktif secara politik sebagai cochair dari partai “A Just Russia - For Truth”.

Tahun lalu, dia mengambil peran penting dalam menciptakan GRAD, sebuah kelompok parlementer yang berupaya mengidentifikasi tokoh budaya dengan pandangan "anti-Rusia" dan membujuk negara dan bisnis untuk berhenti mendanai mereka.

Inisial GRAD adalah singkatan dari "Grup untuk menyelidiki aktivitas anti-Rusia di bidang budaya". Grad juga merupakan kata Rusia untuk "hujan es", dan nama sistem misil.

Prilepin telah dikenai sanksi oleh Swiss, Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Uni Eropa atas dukungannya terhadap perang di Ukraina.

Penulis dan politisi membandingkan dirinya dengan dua raksasa sastra Rusia - Leo Tolstoy dan Mikhail Lermontov - keduanya berjuang sebagai tentara sebelum beralih ke menulis.

Menurut Prilepin, Tolstoy dan Lermontov akan bergabung dengan tentara Rusia di Ukraina seandainya mereka masih hidup hari ini.

Diwawancarai oleh kantor berita AFP di Paris pada tahun 2018, dia mengatakan dia berjuang karena "empati" dan tidak menyembunyikan keinginannya agar Rusia mengambil alih lebih banyak Ukraina.

"Tujuan kami adalah untuk menaklukkan dan menguasai wilayah," katanya. "Membunuh bukanlah tujuan itu sendiri dan kami akan dimintai pertanggungjawaban di neraka."

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Bom Mobil Perang Rusia Ukraina Zakhar Prilepin Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :