Minggu, 28/04/2024 12:01 WIB

Menteri PUPR Tunggu Arahan Jokowi Perbaiki Jalanan Lampung

Menteri PUPR Tunggu Arahan Jokowi Perbaiki Jalanan Lampung

Jalan rusak di Lampung (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan sedang menunggu arahan Presiden Joko Widodo, untuk perbaikan jalan-jalan di Provinsi Lampung yang akan diambil alih oleh pemerintah pusat.

Hal ini disampaikan usai menemani Presiden Jokowi meninjau kerusakan di beberapa ruas jalan daerah di Provinsi Lampung, pada Jumat (5/5/2023).

Salah satu ruas yang ditinjau yaitu ruas jalan Simpang Korpri-Purwotani atau jalan akses Tol Itera/Kotabaru sepanjang total 14,5 km. Presiden Jokowi memastikan jalan daerah yang rusak di Lampung ini akan diperbaiki secepatnya.

Menteri Basuki mengatakan perbaikan jalan daerah itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

"Jadi nanti melalui inpres jalan daerah, jalan-jalan daerah yang rusak akan diperbaiki melalui bantuan dari pusat," terang Basuki dalam siaran pers.

"Ruas mana saja yang akan ditangani APBN ditentukan sesuai arahan Presiden Jokowi, terutama jalan penghubung kawasan produksi dan industri, dengan outlet dan pasarnya," imbuh Menteri Basuki.

Ruas jalan Sp. Korpri-Purwotani atau jalan akses Tol Itera/Kotabaru merupakan salah satu dari 15 ruas jalan daerah di Lampung yang telah diusulkan untuk ditangani melalui Inpres Jalan Daerah pada TA 2023. Dari total panjang 14,5 km, telah diusulkan untuk ditangani APBN dengan estimasi biaya Rp69,16 miliar.

Ali Mustofa, warga Bandar Lampung yang bekerja sebagai supir truk minimarket, menyambut baik rencana perbaikan jalan Sp. Korpri -Purwotani ini karena jalan tersebut sudah rusak selama bertahun-tahun.

"Karena jalannya rusak, waktu perjalanan jadi lebih lama, bahaya juga mobil sering patah as. Harapannya semoga cepat diperbaiki, supaya lebih lancar, tidak ada kendala lagi," ujar dia.

KEYWORD :

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Lampung Jalan Rusak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :