Senin, 29/04/2024 12:48 WIB

IBM Setop Perekrutan, 7.800 Karyawan akan Digantikan Robot

Hampir sepertiga dari peran perusahaan yang tidak berhubungan dengan pelanggan diganti dalam lima tahun ke depan.

CEO IBM Arvind Krishna mengatakan bahwa dia mengharapkan AI untuk menggantikan sekitar 7.800 pekerjaan di perusahaan di tahun-tahun mendatang (File: Philippe Wojazer/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - International Business Machines Corp atau IBM akan menyetop perekrutan karena diperkirakan sekitar 7.800 pekerjaan akan digantikan oleh Artificial Intelligence (AI) di tahun-tahun mendatang.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News, CEO IBM, Arvind Krishna mengatakan, hampir sepertiga dari peran perusahaan yang tidak berhubungan dengan pelanggan diganti dalam lima tahun ke depan.

"Peran yang tidak berhadapan dengan pelanggan ini berjumlah sekitar 26.000 pekerja," kata Krishna dalam wawancara yang diterbitkan pada hari Selasa. "Saya dapat dengan mudah melihat 30 persennya digantikan oleh AI dan otomatisasi selama periode lima tahun."

Karyawan back-office hanya sebagian kecil dari sekitar 260.000 pekerja IBM dan perusahaan, yang berbasis di Armonk, New York, terus mengisi peran bahkan setelah melepaskan sekitar 5.000 pekerja di area lain, menurut Bloomberg.

IBM tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Al Jazeera. Seorang juru bicara IBM mengatakan kepada AFP bahwa tidak ada jeda perekrutan, tetapi perusahaan itu "sangat selektif ketika mengisi pekerjaan yang tidak secara langsung menyentuh klien atau teknologi kami".

Komentar Krishna datang karena kemajuan pesat teknologi AI termasuk ChatGPT OpenAI, meningkatkan kemungkinan gangguan besar pada banyak industri.

Beberapa analis khawatir bahwa AI dapat segera menyebabkan PHK massal, sementara yang lain berpendapat bahwa kemampuan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan melengkapi pekerja manusia akan menciptakan lapangan kerja dan industri yang benar-benar baru.

Pada Selasa (2/5), harga saham Chegg, sebuah perusahaan pembelajaran yang berbasis di California, anjlok hampir 50 persen setelah CEO Dan Rosensweig mengakui panggilan pendapatan bahwa ChatGPT "berdampak pada tingkat pertumbuhan pelanggan baru kami".

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

IBM Artificial Intelligence Kecerdasan Buatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :