Sabtu, 04/05/2024 14:58 WIB

Leeds United Berpisah dengan Direktur Olahraga Victor Orta

Leeds United Berpisah dengan Direktur Olahraga Victor Orta

Mantan Direktur Olahraga Leeds United, Victor Orta (Foto: Sports Mole)

London, Jurnas.com - Leeds United mengumumkan perpisahan dengan Direktur Olahraga, Victor Orta, yang meninggalkan klub dengan persetujuan bersama.

Pria 44 tahun itu sebelumnya ditunjuk oleh pemilik klub, Andrea Radrizzani pada musim panas 2017 silam, guna mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Massimo Cellino.

Penunjukannya terbukti sukses. Orta merupakan sosok kunci di balik penunjukan Marcelo Bielsa sebagai pelatih pada 2018, dan membantu klub promosi kembali ke Liga Inggris pada 2020 setelah menjuarai divisi Championship.

Di bawah Bielsa, Leeds awalnya finis di posisi ke-9 klasemen akhir musim 2020-2021. Namun, musim berikutnya Leeds terperosok ke zona degradasi, hingga akhirnya Bielsa dipecat pada Februari 2022.

Jesse Marsch menggantikan Bielsa dan dia berhasil membawa Leeds ke posisi aman. Sayangnya, pria asal Amerika Serikat itu gagal membuat kemajuan di Elland Road awal musim ini, bahkan dengan penambahan sejumlah pemain besar.

Orta menghabiskan sekitar £120 juta untuk 10 pemain baru sejak awal musim panas lalu, dengan rekor transfer klub dipecahkan dua kali, yakni ketika membeli Brendan Aaronson senilai £25 juta, dan Georginio Rutter seharga £35,5 juta.

Marsch akhirnya dipecat pada Februari lalu dan digantikan oleh Javi Gracia, yang juga tidak mampu mengubah nasib Leeds. Dia hanya memenangkan tiga dari 12 pertandingannya sebagai pelatih, dan berpeluang dipecat.

"Saya sangat sedih periode ini ditutup karena Victor bertanggung jawab atas beberapa momen terbaik sepanjang saya sebagai pemilik Leeds United. Saya berterima kasih kepadanya dan orang-orangnya atas semua yang telah mereka lakukan di enam tahun terakhir," kata Radrizzani dikutip dari Sports Mole pada Selasa (2/5).

"Namun, jelas sudah waktunya untuk mengubah arah dan oleh karena itu kami telah sepakat bahwa Victor akan meninggalkan klub," imbuh dia.

Leeds saat ini duduk di peringkat ke-17 klasemen sementara Liga Inggris, dan hanya menang selisih gol atas Nottingham Forest yang berada di zona degradasi.

KEYWORD :

Leeds United Victor Orta Liga Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :