Minggu, 28/04/2024 16:21 WIB

Melambung di Jatim, Cak Imin Cawapres Paling Potensial

Di Jatim, Nama Cak Imin Melambung Tumbangkan Kandidat Cawapres Lainnya

Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai kandidat calon wakil presiden pada pilpres 2024 makin melejit berdasarkan survei terbaru PolMark Research Centre-PolMark Indonesia.

"Nama Cak Imin yang belakangan senyap, melesat menggungguli kandidat calon wakil presiden lainnya, terutama di Jawa Timur. Cak Imin unggul atas Ercik Tohir, Khofifah, Ridwan Kamil, Agus Harimurti, dan lainnya," kata Direktur Survei Polmark Eko Bambang Subiantoro, Jumat (28/4/2023).

Menurut Eko, di wilayah Jawa Timur, Cak Imin menempati posisi teratas dengan 11, 5 persen, Kofifah Indar Parawansa 5, 8 persen, Ridwan Kamil 1,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,8 persen, Puan Maharani 1,5 persen, dan lainnya di bawah 1 persen.

"Cak Imin satu-satunya kandidat yang memiliki elektabilitas paling tinggi di Jawa Timur. Selanjutnya disusul Gubernur Jawa Timur Khofifah," kata dia.

Kata Eko, keunggulan Cak Imin di Jawa Timur bisa dipahami karena beberapa faktor. Pertama, Cak Imin putra daerah. Kedua, Cak Imin seorang santri. Cak Imin cucu pendiri Nahdlatul Ulama. Keempat, Cak Imin rajin berkeliling ke pesantren-pesantren.

"Jadi wajar kalau elektabilitasnya di Jawa Timur melambung tinggi. Sebagai santri tentu Cak Imin mendapat dukungan ulama," ujarnya .

Eko menegaskan, melejitnya elektabilitas Cak Imin membuat pimpinan DPR itu layak diperhitungkan sebagai salah satu bacawapres dengan dukungan kuat, apalagi Muhaimin merupakan ketum parpol dengan basis para nahdiyin.

"Cak Imin patut diperhitungkan," tegasnya.

Survei PolMark Indonesia juga menyatakan elektabilitas Cak Imin berada di posisi teratas di Jatim, provinsi yang kerap disebut sebagai salah satu wilayah kunci untuk memenangkan pertarungan politik.

Hal itu lantaran Jatim merupakan satu dari tiga besar penyumbang suara nasional dan dikenal sebagai basis NU.

Menurut Eko, dari survei lembanya, Cak Imin mampu mencuri perhatian dan meraup perolehan suara hingga 11,5 persen.Suara Cak Imin bahkan melampaui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (5,8 persen) yang namanya lebih populer dan selalu disebut sebagai salah satu kandidat terkuat untuk bacawapres.

KEYWORD :

Cak Imin Cawapres Jawa Timur Nahdlatul Ulama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :