Minggu, 28/04/2024 23:22 WIB

Cegah Kecelakaan, Menko PMK Anjurkan Pemudik Bawa Sopir Cadangan

Cegah Kecelakaan, Menko PMK Anjurkan Pemudik Bawa Sopir Cadangan

Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau arus mudik di Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menganjurkan pemudik roda empat supaya membawa sopir cadangan, guna mengantisipasi kecelakaan akibat pengemudi mengantuk.

Hal ini disampaikan saat meninjau ruas tol Semarang-Batang pada Selasa (18/4) kemarin, bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

"Untuk para pengendara yang mudik, harap menyiapkan diri sebaik-baiknya, terutama yang akan berkendara dalam jarak jauh, karena fakta sudah menunjukkan bahwa semakim jauh mudiknya, potensi kecelakannya tinggi," ujar Menko Muhadjir di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Meski ruas tol Semarang-Batang sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Muhadjir meminta para pemudik dengan pejalanan jauh untuk tetap berhati-hati dan saling menjaga diri agar tidak terkena musibah di jalan.

Imbauan ini disampaikan mengingat berdasarkan dari data pihak kepolisian, tercatat kecelakaan tertingi pada mudik lebaran tahun 2022 terjadi di wilayah Jawa Timur, lalu disusul Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Hal tersebut diindikasi akibat kelelahan yang dialami oleh pengemudi karena menempuh jarak yang jauh.

"Semakin jauh semakin tinggi potensi kecelakaannya. Sebaiknya yang berkendara jauh membawa driver reserve, cadangan, sehingga bisa bergantian di perjalanan. Jangan memaksakan diri dalam keadaan lelah," ujar Muhadjir.

Guna menghindari penumpukan di rest area, Muhadjir juga menghimbau para pemudik untuk tidak berlama-lama berada di tempat tersebut. Rest area dapat digunakan bagi para pemudik untuk mengisi bahan bakar, membeli bekal makanan, atau pergi ke toilet.

Bagi para pemudik yang merasa sangat lelah dan hendak beristirahat lama, Muhadjir menyarankan agar keluar melalui exit tol terdekat, agar dapat beristirahat di tempat-tempat khusus yang telah disediakan oleh jajaran kepolisian.

"Kalau memang betul-betul sudah sangat lelah, keluar di exit tol terdekat. Kaditlantas dan Pak Kapolda sudah menyiapkan tempat untuk beristirahat cukup lama, untuk tidur sejenak, sehingga ketika berkendara sudah fresh, dan ketika masuk tol lagi tidak dikenakan biaya," ucap Muhadjir.

KEYWORD :

Menko PMK Muhadjir Effedy Mudik Sopir Cadangan Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :