Minggu, 28/04/2024 07:05 WIB

Menko PMK Tinjau Fasilitas di Tol Cipali dan Cipularang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, meninjau persiapan arus mudik di ruas Tol Cipali dan Cipularang pada Senin (10/4).

Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau rest area jelang mudik 2023 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, meninjau persiapan arus mudik di ruas Tol Cipali dan Cipularang pada Senin (10/4).

Muhadjir juga mengecek penambahan lebar ruas jalan, kapasitas rest area, prasarana tol, dan rest area baru untuk mengantisipasi melonjaknya pengunjung rest area di puncak arus mudik dan balik, yang diprediksi menyentuh angka 123 juta.

Menurut dia, langkah-langkah yang dilakukan oleh para pengembang jalan tol sudah sangat baik dan sudah belajar untuk mengantisipasi hambatan mudik dari pengalaman mudik tahun sebelumnya.

"Kebijakan sebelumnya sudah kita koreksi dengan menambah jalur itu saya kira suatu keputusan yang bagus. Ada penambahan rest area, penambahan sarana prasarana seperti toilet, mini market, dan lainnya," ucap Muhadjir.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir meminta para pengembang tol untuk menyiagakan ekstra prasarana seperti mobil derek, para petugas tol, dan mobil bensin keliling.

Dia juga meminta pihak tol untuk selalu berpatroli bersiaga untuk mengimbau para pemudik, supaya mengecek kapastias bensinnya agar tidak mogok dan mati mesin saat berkendara.

Kemudian, Muhadjir juga mengingatkan supaya pengemudi tidak berkendara di kala lelah, dan selalu mengecek saldo uang elektronik agar mencukupi saat melintasi gerbang tol.

Terakhir, Muhadjir juga mengimbau para pemudik untuk lebih ekstra mengecek kesehatan dan kemananan kendaraannya supaya tidak bermasalah saat mudik, yang bisa berakibat fatal. Termasuk juga kesehatan dan kesiapan tubuh sebelum mudik.

"Ini saya kira sudah ditangani dengan baik. Mudah-mudahan mudik tahun ini jauh lebih lancar dari sebelumnya," tutup dia.

KEYWORD :

Menko PMK Mudik Tol Cipali Rest Area Muhadjir Effendy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :