Sabtu, 04/05/2024 13:01 WIB

Mudik Tenang, Ada 9.000 Toilet di 127 Rest Area

Pembangunan infrastruktur jalan tol terus dipersiapkan jelang mudik Lebaran, yakni Jalan Tol Cisumdawu dan sebagian ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta

UMKM di rest area jalan tol (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menyiapkan sebanyak 9.000 toilet di 127 tempat peristirahatan atau rest area jalan tol untuk persiapan mudik Lebaran 2023 ini.

"Toilet-toilet yang tahun lalu sekitar 6.000 toilet di 127 rest area jalan tol, itu sekarang sudah menjadi sekitar 9.000 toilet yang kita siapkan. Jadi mudah-mudahan bisa memberikan kelancaran orang buang air kecil," ujar Basuki usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/4/2023) siang.

Tak hanya toilet, Basuki menuturkan, pembangunan infrastruktur jalan tol juga terus dipersiapkan jelang mudik Lebaran, yakni Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan sebagian ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta.

"Ya kalau dari PU (Kementerian PUPR) tambahannya yang mungkin akan sangat membantu pertama adalah Cisumdawu, itu mudah-mudahan bisa tembus dari Cileunyi sampai ke Dawuan 90 kilometer," jelasnya.

Basuki mengungkapkan, Jalan Tol Cisumdawu bakal difungsikan pada 15 April 2023 mendatang. Ia akan terus mengecek kesiapannya, dikarenakan masih terdapat beberapa titik yang rawan longsor.

"Yang di daerah tanah bergerak belum bisa empat lajur, tetapi mungkin dua lajur kita bisa tangani karena sudah diganti dengan jembatan dan dengan timbunan ringan," ujar Basuki.

Sementara sebagian ruas Tol Solo-Yogyakarta bakal difungsikan demi mempersingkat jarak dan waktu tempuh para pemudik.

"Solo-Yogyakarta yang dari exit Jalan Tol dari Semarang-Solo nanti kalau orang mau ke Yogya, enggak perlu lagi ke Kartosuro, langsung bisa tembus sehingga bisa melewati mungkin tujuh traffic light, nah itu sudah membantu," pungkas Basuki.

KEYWORD :

Mudik 2023 Rest Area Toilet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :