Minggu, 28/04/2024 07:10 WIB

Komitmen Kuat semua Pihak Penting untuk Mengakselerasi Pembangunan sektor Pariwisata

Komitmen Kuat semua Pihak Penting untuk Mengakselerasi Pembangunan sektor Pariwisata

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. (Foto: Humas MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah pusat dan daerah harus membangun harmoni secara konsisten dalam setiap kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan di sejumlah sektor pembangunan, termasuk sektor pariwisata.

"Untuk mengakselerasi proses pembangunan di sektor pariwisata dibutuhkan komitmen kuat semua pihak dalam merealisasikan sejumlah kebijakan yang telah disepakati bersama antara pemerintah di tingkat pusat dan daerah," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, Senin (3/4).

Badan Pusat Statistik mencatat jumlah wisatawan mancanegara naik lebih dari dua kali lipat pada 2022, jika dibandingkan dengan periode sebelumnya di masa pandemi.

Daerah asal para wisatawan mancanegara di dominasi oleh negara tetangga yakni Malaysia, Timor Leste, Australia, dan Singapura.

Menko Perekonomian menargetkan pendapatan yang dihasilkan dari pariwisata nasional pada tahun 2023 mencapai sekitar Rp111,7 triliun.

Kunjungan wisatawan terus didorong, khususnya pada 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas melalui penyelenggaraan berbagai event bertaraf internasional.

Untuk mewujudkan hasil yang maksimal, ujar Lestari, kepastian terselenggaranya sejumlah event yang mampu menarik minat wisatawan tersebut, harus menjadi kepedulian bersama antara pemerintah pusat dan daerah.

Karena, tegas Rerie sapaan akrab Lestari, inkonsistensi dalam pelaksanaan suatu event akan berdampak pada hilangnya kepercayaan calon wisatawan untuk berkunjung ke tanah air dan tentu berpotensi menimbulkan kerugian dengan hilangnya potensi pendapatan.

Dalam upaya mengakselerasi pembangunan sektor pariwisata, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, penting untuk menjaga komitmen semua pihak agar tetap fokus pada proses pembangunan yang telah disepakati bersama.

Karena, tegas Rerie, di saat banyak negara berlomba-lomba untuk bangkit dari keterpurukan pascapandemi, kepercayaan dari berbagai pihak menjadi modal yang berharga untuk memenangkan persaingan dalam menarik investor dan wisatawan.

Rerie mendorong semua pihak dengan berbagai upaya untuk selalu membangun semangat kolaborasi yang kuat dalam upaya mengakselerasi proses pembangunan nasional di berbagai sektor.

KEYWORD :

Kinerja MPR Lestari Moerdijat Pariwisata Mancanegara Badan Pusat Statistik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :