Minggu, 28/04/2024 10:02 WIB

Piala Afrika 2017

Gelar Kelima Kamerun

Ini merupakan gelar perdana Kamerun sejak 2002.

Kamerun, juara Piala Afrika 2017

Gabon - Skuad muda Kamerun berhasil menunjukkan kualitasnya dengan menjuarai Piala Afrikan 2017. Ini menjadi gelar kelima mereka sepanjang sejarah turnamen sepakbola di benua hitam tersebut.

Meski tidak jadi diperkuat delapan pemain berkelas karena merek memilih tetap memperkuat klub, Kamerun berhasil membawa pulang trofi juara sebelum mereka menjadi tuan rumah Piala Afrika dua tahun mendatang. Vincent Aboubakar mencetak gol brilian untuk membawa Kamerun menang 2-1 atas Mesir pada laga final, Senin (6/2) WIB pagi.

Kamerun sempat tertinggal satu gol setelah gelandang Mohamed Elneny membawa Mesir memimpin pada pertengahan babak pertama. Nicolas Nkoulou menyamakan kedudukan pada menit ke-60. Kamerun terlihat menemukan darah segar, menciptakan sejumlah peluang sebelum Aboubakar mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-88 setelah menguasai bola dengan dadanya dan mengecoh bek Ali Gabr.

Ini merupakan gelar perdana Kamerun sejak 2002. Sekaligus menahan Mesir mesir memperbanyak koleksi gelar sebagai juara terbanyak Piala Afrika.

Bagi pelatih Mesir, Hector Cuper, kekalahan mengecewakan karena mendambah deretan kegagalan saat menjalan partai final. Ia tercatat kalah pada lima final di sepak bola level klub, termasuk dua kali di Liga Champions. Kali ini, ia menjadi pecundang pada partai puncak di level internasional.

KEYWORD :

Piala Afrika Mesir Kamerun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :