Selasa, 30/04/2024 02:43 WIB

DK PBB Tolak Permintaan Rusia Selidiki Ledakan Nord Stream

Hanya Rusia, China, dan Brasil yang memberikan suara mendukung teks rancangan Rusia pada Senin.

Sebuah tanda jalan mengarahkan lalu lintas menuju pintu masuk fasilitas pendaratan jalur gas Nord Stream 2 di Lubmin, Jerman timur laut, pada tahun 2020. (Foto: AFP/Odd Andersen)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia gagal meminta Dewan Keamanan PBB untuk meminta penyelidikan independen terhadap ledakan pada bulan September yang merusak pipa gas Nord Stream yang menghubungkan Rusia dan Jerman, memuntahkan gas ke Laut Baltik.

Hanya Rusia, China, dan Brasil yang memberikan suara mendukung teks rancangan Rusia pada Senin, sementara 12 anggota dewan lainnya abstain. Sebuah resolusi membutuhkan setidaknya sembilan suara mendukung dan tidak ada veto oleh Rusia, China, Prancis, Amerika Serikat (AS), atau Inggris untuk disahkan.

Rusia mengusulkan rancangan resolusi bulan lalu, hanya beberapa hari sebelum ulang tahun pertama invasi ke Ukraina.

"Tanpa penyelidikan internasional yang obyektif dan transparan, kebenaran tidak akan terungkap mengenai apa yang terjadi," Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan kepada dewan sebelum pemungutan suara.

Ledakan pipa terjadi di zona ekonomi eksklusif Swedia dan Denmark. Bulan lalu Swedia, Denmark dan Jerman mengatakan bahwa penyelidikan terpisah mereka sendiri masih berlangsung dan Rusia telah diberitahu.

Dalam surat bersama kepada Dewan Keamanan, mereka mengatakan kerusakan itu disebabkan oleh "ledakan dahsyat akibat sabotase". AS dan NATO juga menyebut insiden itu sebagai "tindakan sabotase".

Sebagian besar anggota Dewan Keamanan yang abstain pada hari Senin mengatakan mereka melakukannya karena penyelidikan nasional harus diizinkan untuk menyimpulkan sebelum mempertimbangkan apakah diperlukan tindakan apa pun di PBB.

Rusia mengeluh karena tidak diberi tahu tentang investigasi nasional yang sedang berlangsung. Moskow telah mempertahankan, tanpa memberikan bukti, bahwa Barat berada di balik ledakan tersebut.

"AS sama sekali tidak terlibat. Titik," kata wakil duta besar AS untuk PBB Robert Wood.

Dia menuduh Rusia mencoba untuk "mendiskreditkan pekerjaan investigasi nasional yang sedang berlangsung dan prasangka setiap kesimpulan yang mereka capai yang tidak sesuai dengan narasi politik Rusia yang telah ditentukan sebelumnya".

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Perang Rusia Urkraina DK PBB Pipa Gas Nord Stream Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :