Senin, 06/05/2024 14:51 WIB

Tim Putra dan Putri Jakarta BNI Tak Berkutik

Tim Samator yang diperkuat sebagian besar pemainan berpengalaman, sempat melakukan banyak kesalahan di set pertama.

ilustrasi proliga

Palembang – Tim putra dan putri Jakarta BNI Taplus sama-sama menelan kekalahan pada  seri kedua putaran pertama Proliga 2017 di Palembang, Minggu (5/2). Tim putra Jakarta BNI ditaklukkan Surabaya Bhayangkara Samator dengan skor 3-1 (25-18, 31-33, 22-25, 17-25), sementara tim putri Jakarta BNI dpecundangi Gresik Petro Kimia dengan 3-0 (25-20, 25-18, 25-21).

Pada pertandingan yang digelar di Palembang Sport Convention Center, tim Samator yang diperkuat sebagian besar pemainan berpengalaman, sempat melakukan banyak kesalahan. Tim juara bertahan ini kehilangan 5 kali servis dan 4 kali reserve karena kerap melakukan kesalahan sendiri pada set pertama.

Namun, pada set kedua, pelatih Samator Ibarsyah Djanu Tjahhono melakukan perubahan komposisi pemain, terutama untuk mengantipasi block lambung pemain lawan. Hasilnya, tiga set berikutnya dapat direbut lantaran lawan semakin menurun konsentrasi dan staminanya pada dua set terakhir.

"Sebenarnya BNI lawan yang sulit, tapi karena tim bisa membaca permainan mereka jadi terlihat seperti mudah," kata Ibarsyah.

Ia membagi rahasia, kemenangan ini karena Samator bisa mematikan motor penggerak serangan BNI Taplus yakni Didi yang merupakan mantan pemain Samator. "Kami tahu cara mematikan block Didi, butuh lebih tinggi lagi lompatannya karena bola lambungnya juga tinggi," kata dia.

Pelatih Jakarta BNI Taplus Eduardo de Paulo mengatakan faktor utama kegagalan timnya karena tidak memiliki stamina yang baik. Hal ini terlihat, setelah merebut set pertama, pada set-set berikutnya mulai kedodoran. "Pada set kedua sebenarnya ada peluang untuk menang, tapi stamina pemain tidak mendukung. Kemudian pada set ketiga dan keempat, semakin drop seiring dengan menurunnya mental," kata dia seperti dilansir Antara.

Sementara itu, tim putri Gresik Petro Kimia berhasil mendominasi permainan dan membuat Jakarta BNI kesulitan untuk keluar dari tekanan lawan. Meski mendapat perlawanan ketat di setiap set, namun putri Gresik tak memberikan kemenangan satu set pun kepada lawannya.

"Lawan kami ini adalah salah satu lawan yang tangguh. Namun tim cukup kompak bermain. Sehingga menoreh kemenangan. Ini membuat kami cukup lega," kata Pelatih Gresik Petro Kimia, Li Huanning, sedikit menghibur Jakarta BNI.

Pada pertandingan lain, tim bola voli putri Jakarta Electrik PLN menang telak 3-0 atas Batam Sindo BVN. Adapun skor tercipta selama pertandingan tiga set yakni 25-15, 25-16, dan 25-13.

KEYWORD :

Bola Voli Proliga 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :