Senin, 29/04/2024 20:31 WIB

2023, Pemerintah Tetapkan Target KUR Rp450 Triliun

Pemerintah menargetkan jumlah debitur baru paling sedikit 1,76 juta debitur dan debitur graduasi paling sedikit 2,36 juta debitur di tahun 2023

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto dok. Kemenko Perekonomian)

Jakarta, Jurnas.com - Tahun 2023, Pemerintah targetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi Rp450 triliun. Hal ini sesuai dengan kecukupan anggaran subsidi KUR pada APBN.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong upaya agar generasi muda dapat terus mengembangkan kompetensi, produktivitas, dan juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

“Peningkatan kewirausahaan di kalangan generasi muda, termasuk para santri dan Ibu Rumah Tangga, dapat mendorong agar generasi muda bisa terus menciptakan lapangan kerja dan memperkuat resiliensi perekonomian keluarga,” ujarnya pada acara Festival KUR di Bandung, dikutip Minggu (19/3/2023).

Dalam kegiatan ini, pemerintah bersama para penyalur KUR, penjamin KUR, dan BPJS Ketenagakerjaan memperkenalkan kepada generasi muda secara umum, dan pelaku UMKM secara khusus, mengenai kebijakan dan penyaluran KUR yang mudah dan murah.

Dalam rangka mendorong debitur baru KUR dan mendukung UMKM naik kelas, pemerintah menargetkan jumlah debitur baru paling sedikit 1,76 juta debitur dan debitur graduasi paling sedikit 2,36 juta debitur di tahun 2023.

Airlangga tentunya berharap kegiatan KUR Festival ini dapat mendorong seluruh generasi muda, khususnya di Kota Bandung dan sekitarnya, untuk dapat meningkatkan kompetensi dan jiwa entrepreneurship serta bisa memanfaatkan fasilitas KUR yang telah disediakan oleh Pemerintah.

“Selanjutnya juga saya berharap bahwa semakin banyak penerima KUR bisa naik kelas, dan tentunya akses pembiayaan yang mudah dan murah untuk terus kita dorong bersama. Tentunya dengan kegiatan ini, perekonomian Indonesia akan semakin tangguh, dan kita bisa membangun masa depan untuk para generasi muda,” pungkas Airlangga.

KEYWORD :

Kredit Usaha Rakyat Airlangga Hartarto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :