Senin, 20/05/2024 03:45 WIB

Pasar Induk Jakarta Diguyur Bawang Merah dan Cabai dari Jateng dan Jabar

Hasil panen sebanyak 25 truk atau 175 ton yang masuk ke PIKJ hari ini untuk menambah pasokan Jabodetabek sebagai titik padat konsumen dan kebutuhan pasar terbesar di tanah air.

Bawang merah (Foto: Humas Kementan/Jurnas.com)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mendampingi Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyaksikan pembongkaran bawang merah dan cabai di Pasar Induk Kramat Jati (PIKJ), Jakarta, Senin (6/3).

Kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan panen bawang merah yang dilaksanakan kemaren tanggal 5 Maret 2023 di Kabupaten Brebes yang dihadiri Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

Hasil panen sebanyak 25 truk atau 175 ton yang masuk ke PIKJ hari ini untuk menambah pasokan Jabodetabek sebagai titik padat konsumen dan kebutuhan pasar terbesar di tanah air.

"Hari ini Pak Mentan memasukkan pasokan kurang lebih 17 ton cabai dari Jawa Tengah (Magelang dan Temanggung) dan Jawa Barat (Garut dan Sumedang) sebanyak 25 truk atau 7 ton," jelas Heru.

Dia berharap, pasokan tersebut bisa menekan harga di pasaran. "Tentunya komoditas yang lain nanti bersama Pak Mentan kita persiapkan stok yang ada," tutur Heru.

Sementara itu, Mentan Syahrul mengatakan, ketersediaan aneka bawang dan cabai menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) terutama memasuki Ramadan dan Idulfitri terpantau masih aman.

"Secara umum kami melihat ketersediaan bawang dan cabai menjelang HBKN sangat aman dan akan terus kita kawal untuk dapat terdistribusi dengan baik diseluruh pasar pasar perkotaan Indonesia," kata Mentan Syahrul.

Mentan Syahrul mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi, yakni menyampaian EWS (Early Warning System kepada seluruh Pemda secara rutin.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan penanaman kawasan cabai bersama champion seluas 1.250 hektare dan bawang merah seluas 2.373 ha di musim offseason Januari-Maret 2023.

"Pengembangan kawasan cabai 4.750 hektare dan bawang merah 4.759 hektare, penyediaan 68 juta seedling (cabai dan bawang merah) di 34 provinsi, dan fasilitasi distribusi dan pasar tani," kata Mentan Syahrul.

Kementan juga, lanjut dia, akan terus berupaya berkoordinasi dengan lintas Kementrian dan Lembaga terkait untuk pengamanan Ramadan dan Idulfitri baik dengan kemendag, Kemenhub, Satgas Pangan, Bapanas dan Pemda.

KEYWORD :

Syahrul Yasin Limpo Heru Budi Hartono Bawang Merah Cabai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :