Minggu, 19/05/2024 03:18 WIB

Menhan Rusia Inspeksi Garis Depan Ukraina Timur

Dalam foto yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada 4 Maret 2023, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu berbicara kepada seorang perwira di lokasi yang dirahasiakan dari operasi militer khusus di Ukraina. (Foto: Foto Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)

JAKARTA, Jurnas.com -  Menteri Pertahanan Rusia (Menhan Rusia), Sergei Shoigu telah memeriksa garis depan di Ukraina timur. Inpeksi itu terjadi saat pertempuran tengah berkecamuk di sekitar kota Bakhmut, Ukraina timur.

"Sergei telah memeriksa pos komando di garis depan ke arah wilayah selatan Donetsk," kata Kementerian Pertahanan Rusia (Menhan Rusia) pada Sabtu (4/3), tanpa merinci di mana atau kapan.

Kemhan Rusia merilis video Shoigu bepergian dengan helikopter dan berbicara dengan seorang tentara di depan bangunan yang rusak.

Rusia bertekad untuk merebut kota yang sekarang hancur yang dulu dikenal dengan anggur bersoda sebagai bagian dari tujuan yang lebih luas untuk merebut seluruh wilayah Donetsk.

Ukraina telah berjanji mempertahankan "benteng Bakhmut" selama mungkin, tetapi minggu ini para pejabat memperingatkan situasinya sulit. Kedua belah pihak telah melaporkan banyak korban dalam perebutan kota, yang kepentingan simbolisnya melampaui kepentingan militer apa pun.

Kepala kelompok tentara bayaran Wagner Rusia mengatakan Jumat pasukannya telah "praktis mengepung" Bakhmut, yang telah menyaksikan beberapa pertempuran paling sengit dalam konflik tersebut.

Yevgeny Prigozhin mengatakan dalam sebuah video yang dirilis di Telegram "hanya satu jalan yang tersisa" untuk direbut. Pria berusia 61 tahun itu melaporkan bahwa para pejuangnya telah merebut tiga desa di utara Bakhmut - Yagidne, Berkhivka dan Paraskoviivka - dalam beberapa pekan terakhir.

Pasukan Ukraina telah bertahan selama berbulan-bulan di Bakhmut, berperang dengan parit brutal dan pertempuran artileri yang telah meratakan sebagian besar kota, dan Presiden Volodymyr Zelenskyy minggu ini mengatakan pertempuran itu "hanya meningkat".

Komentarnya mengikuti penilaian dari komandan pasukan darat Ukraina Oleksandr Syrskyi bahwa kota itu "sangat tegang".

Sementara titik pertempuran berada di timur Ukraina, Rusia mengatakan minggu ini bahwa sekelompok pejuang Ukraina telah menyeberang ke wilayah Bryansk selatan. Kyiv menolak klaim tersebut sebagai "provokasi yang disengaja".

Moskow mengatakan wilayahnya yang berbatasan dengan Ukraina secara rutin dibombardir oleh pasukan Ukraina, tetapi serangan yang dilaporkan itu merupakan contoh pertempuran yang jarang terjadi di dalam Rusia.

Kremlin mengatakan akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah serangan lintas batas yang menewaskan dua orang.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Sergei Shoigu Bakhmut




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :