Minggu, 28/04/2024 07:11 WIB

Kata Ulil, Ahok Berbahaya Bagi Kebhinnekaan dan Harmoni Sosial

Menurut Ulil, Ahok tampaknya tak peduli dengan kebhinnekaan. Dia hanya peduli dengan egonya sendiri.

kutipan_pernyataan_ahok

Jakarta - Ulil Abshar Abdalla, aktivias Jaringan Islam Liberal sangat terusik dengan tuduhan dan cara komunikasi Basuki Tjahaja Purnama yang dianggap arogan dan menyerang KH Ma`ruf Amin yang merupakan tokoh dan Ulama Islam. Ia pun menyebut Ahok sebagai seseorang yang berbahaya dalam ranah hubungan sosial.

"Tadi siang saya ngetwit bhw Ahok ini "too dangerous to our social fabric." Saya serius dengan twit itu. Tidak main-main," ujar Ulil dalam akun twitternya.

Orang yang menjadi pejabat publik, kata Ulil, harus hati-hati ketika berhadapan dengan isu-isu sosial yang potensial membangkitkan kemarahan orang banyak. "Kalau anda sembrono sebagai pejabat publik dengan berceloteh seenaknya, ya anda harus siap menghadapi resikonya. Jangan salahkan umat/rakyat," kata Ulil.

Ulil juga berpendapat bahwa sikap membela Ahok dengan argumen pluralisme dan kebhinnekaan dalam situasi dan konteks seperti sekarang ini jelas kesalahan fatal. "Saya justru berpendapat, Ahok tampaknya tak peduli dengan kebhinnekaan. Dia hanya peduli dengan egonya sendiri," tandas Ulil.

Menurut Ulil, blunder-blunder yang dilakukan Ahok menegaskan satu hal, yakni dia tak sensitif terhadap konteks sosial. Insensitivitas Ahok bisa membahayakan huhungan-hubungan keumatan.

Lebih jauh Ulil mengatakan, pekerjaan merawat harmoni sosial itu sangat susah. Dan tampaknya Ahok "took this too lightly". Ahok hanya mau jalan dengan ego dan arogansinya sendiri. "Ahok complain karena diperlakukan tak adil oleh FPI. Fair enough. Ini komplain yang justified. Saya juga bukan pendukung FPI," lanjut Ulil.

Ulil mengaku posisinya sejak awal hingga saat ini tak menganggap Ahok melecehkan agama. Namun bukan berarti Ahok tak lakukan kesalahan. "Dia (Ahok) lakukan blunder politik yg bodoh dg pernyataan2nya yg kurang perlu soal Al Maidah dulu," kata Ulil.

Lebih parah lagi, lanjut Ulil, sekarang Ahok kembali melakukan blunder dengan memproduksi kesalahan yang bikin marah segmen umat yang penting, yaitu NU. "Saya tahu tak semua warga NU marah dg perlakuan Ahok atas Kiai Maruf. Tapi yg marah, harus diakui, banyak jg. Jangan "denial" dong."

KEYWORD :

Ahok Ulil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :