Senin, 29/04/2024 17:12 WIB

Meutya Hafid: Jiwa Kreatif Anak Muda Harus Terus Digembleng

Ketua Komis I DPR Dorong Anak Muda Aktif Kembangkan Digitalisasi UMKM

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid

Jakarta, Jurnas.com - DPR mendorong para generasi muda yang aktif sebagai pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan digitalisasi dalam bisnis mereka.

"Platform online atau ekonomi digital bisa membantu memasarkan produk untuk meningkatkan penjualan," ujar Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, dalam keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk UMKM Berdaya dengan Digitalisasi, yang diselenggarakan, di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Meutya Hafid yang juga politisi senior Partai Golkar menuturkan, generasi muda yang menjadi pegiat UMKM dapat memberikan warna baru untuk dapat mampu menggerakkan ekonomi digital pasca pandemi Covid-19. Pasalnya mereka memiliki jiwa-jiwa yang kreatif.

“Tentunya saya yakin anak muda mampu memberikan satu warna dan gairah baru agar mampu mensukseskan pemerintah dalam gerakan digitalisasi seperti saat ini," jelas Meutya.

"Oleh karena itu, generasi muda mampu menggerakkan ekonomi digital pasca pandemi Covid-19 baik dalam tatanan kehidupan sosial dan media sosial,” lanjutnya.

Webinar ngobrol bareng legislator sendiri digelar diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek.

Adapun pembicara dalam acara webinar itu adalah Konsultan Branding dan Marketing, Septian Lubis dan CEO Kopi H Rawi, Rini Riswani.

CEO Kopi H Rawi, Rini Riswani mengatakan digitalisasi UMKM bukan sekedar menggunakan teknologi untuk menjual produk. Lebih dari itu, digitalisasi UMKM, kata Rini, memungkinkan UMKM untuk mengatur keuangan, memantau cash flow bisnis hingga memperoleh bahan baku secara online.

"Dengan begitu, digitalisasi berperan penting bagi berjalannya proses bisnis UMKM secara keseluruhan," ujarnya.

Sementara itu, Konsultan Branding dan Marketing, Septian Lubis mengingatkan bahwa brand awareness sangat penting bagi para pelaku UMKM.

"Brand awareness merupakan istilah yang menggambarkan sejauh mana merk dikenal oleh konsumen," ujarnya.

Menurut Septian Lubis, pengenalan produk kepada konsumen menjadi salah satu faktor mendasar bagi kemajuan semua jenis usaha.

KEYWORD :

Meutya Hafid UMKM anak muda ekonomi digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :