Senin, 29/04/2024 18:58 WIB

Lebaran Bulan April, Korlantas Survey Jalur Mudik Tol Jakarta-Semarang

Jelang lebaran, Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi survei jalur mudik Tol Jakarta-Semarang, Jawa Tengah.

Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi. (Foto: Jurnas/TMC PMJ).

Jakarta, Jurnas.com- Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi melakukan survei jalur mudik Tol Jakarta-Semarang, Jawa Tengah. Peninjauan pada Kamis (23/2) ini sebagai persiapan jelang kesiapan Operasi Ketupat 2023.

Dalam kunjungan ini, rombongan Korlantas Polri bersama stakeholder sempat mengunjungi Command Center Km 29 dan melanjutkan perjalanan guna meninjau KM 47 untuk penerapan one way.

Pengecekan juga dilakukan di Rest Area Km 57 untuk meninjau kantong parkir. Perjalanan dilanjutkan kembali menuju Pospol Cikopo, Jawa Barat. Serta mendapatkan pemaparan dari pihak Ditlantas dan pengelola jalan tol.

Irjen Pol Firman Shantyabudi kemudian melanjutkan perjalanan dengan mengendarai mobil sendiri dari GT Tegal hingga Pospol Kalikangkung, Semarang.

Menurut dia, ruas jalur Tol Jakarta-Semarang dianggap telah siap untuk digunakan dalam Mudik Lebaran 2023. Namun, masih ada beberapa pekerjaan yang mesti diselesaikan sebelum hari raya berlangsung.

"Kami melihat kesiapan-kesiapan yang selama ini menjadi catatan ketika pantauan arus mudik bahwa pengelola jalan tol secara jelas sudah menggambarkan kesiapan, namun beberapa pekerjaan memang masih dikerjakan," jelas Firman dikutip dari laman NTMC Polri, Jumat (24/2/2023).

Firman mengimbau masyarakat yang hendak mudik ke kampung halamannya pada Lebaran tahun ini dalam keadaan yang prima. Pemudik diminta untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua dan disarankan beralih ke moda transportasi lainnya demi keselamatan selama di perjalanan.

"Secara umum kita berharap tentunya masyarakat harus tetap bugar pada saat melaksanakan mudik, siapkan kendaraannya, dan kami masih tetap mengimbau untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua," tuturnya.

Firman juga memberi atensi kepada para pemudik yang hendak memasuki rest area. Pasalnya, rest area kerap menjadi titik penyumbatan sebelum kendaraan kembali masuk ke jalur tol.

"Harapan kita masyarakat bisa kita layani dengan masuk dulu ke dalam baru fasilitas rest area jadi tidak menunggu di depan pintunya ini sumbatan yang mengakibatkan tumpah ke jalan ini yang menghambat," terangnya.

KEYWORD :

Korlantas Jalur Mudik Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :