Senin, 29/04/2024 23:35 WIB

Presiden Putin akan Sampaikan Pidato Tahun Kedua Invasi Rusia ke Ukraina

Pidato Putin datang sehari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diam-diam berkunjung ke Ukraina dan berjanji mendukung Kyiv selama dibutuhkan.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato selama konser yang menandai ulang tahun kedelapan pencaplokan Krimea oleh Rusia di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia 18 Maret 2022. Agen Foto Host RIA Novosti/Alexander Vilf via Reuters/File Foto

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin menetapkan tujuan untuk tahun kedua invasi Rusia ke Ukraina dalam pidato yang  dijadwalkan berpidato pada Selasa (21/2).

Pidato Putin datang sehari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diam-diam berkunjung ke Ukraina dan berjanji mendukung Kyiv selama dibutuhkan.

Putin akan memperbarui elit politik dan militer Rusia tentang konflik Ukraina, konfrontasi terbesar dengan Barat sejak kedalaman Perang Dingin, dalam pidatonya kepada anggota kedua majelis parlemen pada hari Selasa.

Dia juga akan memberikan analisisnya tentang situasi internasional dan menguraikan visinya tentang pembangunan Rusia setelah Barat memberlakukan sanksi besar-besaran terhadapnya, kata Kremlin.

Pidato akan dimulai pada pukul 09.00 GMT (17.00, waktu Singapura) di Moskow tengah.

Menyusul kunjungan mendadaknya ke Kyiv, Biden terbang ke Polandia dan pada Selasa akan memberikan pidato tentang bagaimana AS telah membantu menggalang dunia untuk mendukung Ukraina dan menekankan dukungan Amerika untuk sayap timur NATO.

Biden, dengan kacamata hitam penerbang khasnya, dan Presiden Volodymyr Zelenskyy, dengan seragam perang hijau, berjalan berdampingan ke katedral berkubah emas di Kyiv pada Senin pagi musim dingin yang cerah yang ditembus oleh suara sirene serangan udara.

"Ketika Putin meluncurkan invasinya hampir setahun yang lalu, dia mengira Ukraina lemah dan Barat terbagi. Dia pikir dia bisa mengalahkan kita. Tapi dia salah besar," kata Biden.

"Biaya yang harus dibayar Ukraina sangat tinggi. Pengorbanan terlalu besar ... Kami tahu bahwa akan ada hari-hari, minggu-minggu, dan tahun-tahun yang sulit."

Di luar katedral, tank-tank Rusia yang terbakar berdiri sebagai simbol kegagalan serangan Moskow di ibu kota pada awal invasi, yang dimulai pada 24 Februari. Pasukannya dengan cepat mencapai benteng Kyiv - hanya untuk dilawan oleh perlawanan sengit yang tak terduga.

Sejak itu, perang Rusia telah menewaskan puluhan ribu warga sipil dan tentara Ukraina di kedua sisi, kota-kota telah menjadi puing-puing, dan jutaan pengungsi telah melarikan diri. Rusia mengatakan telah mencaplok hampir seperlima dari Ukraina, sementara Barat telah menjanjikan bantuan militer puluhan miliar dolar ke Kyiv.

"Kunjungan presiden AS ke Ukraina ini, yang pertama selama 15 tahun, merupakan kunjungan terpenting dalam seluruh sejarah hubungan Ukraina-AS," kata Zelenskyy.

Biden melakukan perjalanan ke ibu kota Ukraina dengan kereta malam dari Polandia, tiba sekitar 10 jam kemudian pada pukul 08.00 pada hari Senin, sebelum kembali ke sana dengan cara yang sama, berangkat tepat setelah pukul 13.00 (Selasa, 07.00 waktu Singapura), menurut laporan kumpulan Gedung Putih oleh a Wartawan Wall Street Journal.

Biden tiba pada Senin malam di Warsawa, di mana dia dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Polandia Andrzej Duda, bersama dengan para pemimpin negara lain di sayap timur NATO, keesokan harinya.

Sementara Biden berada di Kyiv, Departemen Luar Negeri mengumumkan bantuan AS lebih lanjut sebesar US$460 juta ke Ukraina, termasuk amunisi artileri, sistem anti-lapis baja dan radar pertahanan udara senilai US$450 juta, dan US$10 juta untuk infrastruktur energi.

Rusia diberitahu sebelum keberangkatan Biden, kata para pejabat di Washington dan Moskow, tampaknya untuk menghindari risiko serangan terhadap Kyiv saat dia berada di sana.

"Tentu saja bagi Kremlin ini akan dilihat sebagai bukti lebih lanjut bahwa Amerika Serikat telah mempertaruhkan kekalahan strategis Rusia dalam perang dan bahwa perang itu sendiri telah berubah menjadi perang antara Rusia dan Barat," kata Tatiana Stanovaya, seorang Rusia. analis politik.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan blok tersebut akan menyetujui lebih banyak sanksi sebelum peringatan invasi pada 24 Februari, yang digambarkan Rusia sebagai "operasi militer khusus" untuk mempertahankan kedaulatan Rusia.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Vladimir Putin Perang Dunia II Tahun Kedua Invasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :