Senin, 29/04/2024 22:38 WIB

Mundur, Ban Ki-moon Gagal Nyapres

Padahal, Ban dianggap sebagai calon kuat untuk menggantikan Presiden Park Geun-hye yang telah dimakzulkan oleh parlemen.

Ban Ki-moon (foto: Reuters)

Korea Selatan - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Ban Ki-moon akhirnya menyatakan mundur dari kandidat Presiden Korea Selatan. Padahal, Ban dianggap sebagai calon kuat untuk menggantikan Presiden Park Geun-hye yang telah dimakzulkan oleh parlemen, setelah tersangkut kasus skandal penyalahgunaan kekuasaan.

Dalam koferensi pers, Selasa (1/2), Ban mengatakan bahwa bergabung dengan partai politik hanyalah sia-sia belaka. Hal ini ditegaskan setelah dirinya melakukan pertemuan dengan Partai Konservatif.

“Saya menyerah untuk melakukan perubahan politik dan rekonsiliasi nasional,” papar Ban kepada awak media dikutip Reuters.

12 Januari lalu, Ban Ki-moon akhirnya kembali ke Korea Selatan setelah menjabat sebagai petinggi Persatuaan Bangsa-Bangsa (PBB) selama 10 tahun terakhir. Kedatangannya ternyata berbuah posisit,  karena dirinya didukung sejumlah kalangan untuk menjadi suksesor Park Geun-hye, sekaligus menjadi lawan utama Partai Demokrat.

KEYWORD :

Pemilihan Presiden Korea Selatan Ban Ki-moon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :