Minggu, 28/04/2024 04:13 WIB

Kasus Kusta di Indramayu Naik Dua Kali Lipat

Kasus Kusta di Indramayu Naik Dua Kali Lipat

Talkshow peringatan Hari Kusta Sedunia di Indramayu (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kasus kusta di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat naik dua kali lipat sepanjang 2022. Menurut laporan Dinas Kesehatan Indramayu, ditemukan 377 kasus baru kusta.

Kenaikan ini, menurut Kepala Dinas Kesehatan Indramayu, Wawan Ridwan, bukan kabar buruk. Sebab, penemuan kasus kusta menjadi langkah awal untuk dilakukan pengobatan lebih dini.

Penemuan kasus kusta di Indramayu juga tak lepas dari kerja sama Dinas Kesehatan, puskesmas, Yayasan NLR Indonesia, kelompok kader kusta, dan pihak terkait lainnya.

"Semakin banyak kasus kusta ditemukan sejak dini akan semakin cepat diobati dan kontak erat dari penderita kusta dapat diberi obat pencegahan," ujar Wawan dalam peringatan Hari Kusta Sedunia di Politeknik Negeri Indramayu pada 31 Januari 2023 lalu.

Bupati Indramayu yang hadir diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Akhmad Budiarto menekankan bahwa pemerintah daerah berkomitmen mengeliminasi kasus kusta di Indramayu. Pasalnya, kini Indramayu menjadi penyumbang kasus kusta nomor satu di Jawa Barat.

"Kita perlu bersama-sama mencegah penularan kusta di Indramayu. Kita tingkatkan sumber daya manusia, pencarian kasus sedini mungkin, pengobatan, pencegahan, dan rehabilitasi bagi orang yang pernah mengalami kusta," terang Akhmad Budiarto.

Peringatan Hari Kusta Sedunia 2023 di Indramayu diselenggarakan oleh kelompok peer counsellor yang berasal dari orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK). Yayasan NLR Indonesia, Dinas Kesehatan Indramayu dan Polindra mendukung penuh acara ini yang dihadiri 200 orang.

Partisipasi peer consellor menjadi penyemangat bagi OYPMK di Indramayu untuk memberi kontribusi bermakna di masyarakat.

Rangkaian peringatan ini diisi dengan kompetisi kreatif yang diikuti oleh 49 puskesmas se-Indramayu. Tiap puskesmas berlomba membuat poster bertema Stop Stigma Kusta. Terkumpul 40 poster dari puskesmas yang akan digunakan untuk edukasi masyarakat di Indramayu.

Acara Peringatan Hari Kusta Sedunia 2023 juga diisi dengan pemberian bantuan sembako oleh bupati kepada OYPMK, sebagai bentuk perhatian akan hak dan martabat OYPMK.

Menariknya, setelah acara Peringatan Hari Kusta Se-Dunia 2023 yang dihadiri 200 orang ini, bermunculan respon publik yang bertanya kepada Bidang Pengaduan Masyarakat Dinas Kesehatan Indramayu perihal kusta, konseling mental bagi pasien kusta/OYPMK, dan tindak lanjut pengobatan setelah selesai berobat.

"Nomor kontak sudah kami share selama acara talkshow. Dan ternyata tidak berselang 2 hari, kami sudah mendapat telpon dari OYPMK yang memerlukan pendampingan mental dan dari peer counsellor," kata Basudin, Pengelola Program Kusta di Indramayu sekaligus pembimbing penyelenggara kegiatan Hari Kusta Sedunia 2023 ini.

Saat ini 10 OYPMK telah mendapat pelatihan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dan NLR Indonesia sebagai peer counsellor di Indramayu. Peer counsellor ini bertugas mendampingi OYPMK yang mengalami depresi, enggan minum obat kusta, atau stigma diri yang tinggi.

KEYWORD :

Kusta Indramayu Jawa Barat OYPMK NLR Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :