Jum'at, 10/05/2024 16:47 WIB

Gempa Dahsyat Guncang Turki dan Suriah, 1.600 Dinyatakan Tewas

Gempa bumi besar berkekuatan 7,8 dan gempa susulan yang kuat telah menewaskan hampir 1.600 orang dan melukai ribuan orang di tenggara Turki dan Suriah barat laut saat bangunan runtuh di seluruh wilayah.

Ilustrasi Gempa

JAKARTA, Jurnas.com - Gempa bumi besar berkekuatan 7,8 dan gempa susulan yang kuat telah menewaskan hampir 1.600 orang dan melukai ribuan orang di tenggara Turki dan Suriah barat laut saat bangunan runtuh di seluruh wilayah.

Gempa awal terjadi di dekat kota Gaziantep di Turki pada pukul 04:17 waktu setempat (01:17 GMT) pada hari Senin, saat orang-orang sedang tidur, pada kedalaman sekitar 17,9 km (11 mil). Itu juga terasa sampai ke Siprus, Mesir, dan Lebanon.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan jumlah korban tewas di negara itu telah meningkat menjadi 1.014.

Pihak berwenang telah mengumumkan "alarm level 4" yang meminta bantuan internasional. Gempa kedua berkekuatan 7,6 terjadi beberapa jam kemudian di tengah beberapa gempa susulan, kata Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) negara itu, menambahkan bahwa pusat gempa adalah wilayah Elbistan di provinsi Kahramanmaras.

Tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim ke daerah yang terkena gempa, kata presiden sebelumnya. Kementerian Pertahanan Turki mengatakan angkatan bersenjata negara itu telah membangun koridor udara untuk memungkinkan tim medis dan penyelamat mencapai daerah yang dilanda gempa.

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu mengatakan setidaknya ada enam gempa susulan dan mendesak warga untuk tidak memasuki bangunan yang rusak karena risikonya.

"Prioritas kami adalah mengeluarkan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan dan memindahkan mereka ke rumah sakit," kata dia

Di Suriah, yang telah hancur akibat perang selama lebih dari 11 tahun, media pemerintah melaporkan bahwa sedikitnya 326 orang tewas dan sekitar 1.000 orang terluka setelah banyak bangunan runtuh.

Di ibu kota Suriah, Damaskus, gedung-gedung berguncang dan banyak orang berlarian ke jalan karena ketakutan.

Sementara itu di bagian Suriah yang dikuasai pemberontak, Pertahanan Sipil Suriah – sebuah organisasi penyelamat yang juga dikenal sebagai Helm Putih – mengatakan jumlah korban tewas di sana mencapai setidaknya 221 orang.

Ismail Abdullah, anggota tim penyelamat mengatakan kepada Al Jazeera bahwa situasinya bencana dalam segala hal, menambahkan bahwa jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat secara dramatis karena ratusan keluarga masih terjebak di bawah reruntuhan.

"Bencana ini jauh lebih besar dari kapasitas tanggap darurat kita. Ribuan keluarga kehilangan tempat tinggal, apalagi kita menyaksikan badai salju yang menambah tragedi,” kata Abdullah. “Kami sekarang menghadapi bencana nyata yang belum pernah kami alami selama bertahun-tahun," katanya.

Alaa Nafi, dari kota Idlib di Suriah, menggambarkan gempa tersebut sebagai sangat mengerikan dan menakutkan. "Bangun di tengah malam dan seluruh gedung berguncang adalah perasaan terburuk yang pernah ada dan membuatnya sangat sulit untuk melarikan diri,” katanya kepada Al Jazeera, mengatakan gempa “terasa seperti berabad-abad”.

"Melihat orang-orang dengan anak-anak di jalanan menangis dalam cuaca dingin sangat memilukan, tetapi kami semua berkumpul di satu area yang jauh dari semua gedung," kata Nafi. "Saya tentu berharap tidak ada yang akan mengalami apa yang kita alami hari ini," tambahnya.

Presiden Bashar al-Assad mengadakan rapat kabinet darurat untuk meninjau kerusakan dan membahas langkah selanjutnya, kata kantornya.

Televisi negara menayangkan cuplikan tim penyelamat yang mencari korban selamat dalam hujan lebat dan hujan es. Pejabat kesehatan mendesak masyarakat untuk membantu membawa yang terluka ke rumah sakit.

Gempa mengguncang penduduk di Lebanon dari tempat tidur mereka, mengguncang bangunan selama sekitar 40 detik. Banyak penduduk Beirut meninggalkan rumah mereka dan turun ke jalan atau naik mobil untuk pergi dari gedung.

Martin Mai, profesor geofisika di Universitas King Abdullah, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa itu adalah salah satu gempa bumi terbesar yang melanda daerah itu dalam ratusan tahun.

"Kerusakan besar dan kehancuran lokal harus diperkirakan," katanya. "Di masa lalu, gempa bumi di Turki ini telah menyebabkan sekitar ribuan korban yang memiliki gaya konstruksi bangunan dan besarnya peristiwa ini juga akan berdampak ekonomi yang besar."

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Gempa Turki Suriah Korban Jiwa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :