Minggu, 19/05/2024 13:56 WIB

Wakil Ketua KPK Sindir Sepak Terjang Firli Bahuri: Cenderung One Man Show

Hal itu merespons soal dugaan adanya janji yang ditagih Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe

Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menyindir sepak terjang Ketua KPK Firli Bahuri yang cenderung one man show.

Hal itu merespons soal dugaan adanya janji yang ditagih Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe kepada Firli Bahuri. Nawawi menyebut hanya Firli tahu soal janji tersebut.

"Pak Firli aja yang tau apa janji yang dibisikin ke tersangka," kata Nawawi saat dihubungi wartawan, Kamis (2/2/2023).

Namun, Nawawi meminta para penyidik di KPK tidak terpengaruh persoalan janji antara Firli dan Lukas. Menurutnya, persoalan ini harus jadi peringatan KPK untuk menghindari cara kerja yang cenderung menonjolkan satu orang.

"Penyidik tidak perlu terpengaruh dengan hal semacam itu. Harusnya ini jadi peringatan bagi kami untuk menghindari style kerja yang cenderung one man show," imbuhnya.

Untuk diketahui, Lukas Enembe menagih janji Ketua KPK Firli Bahuri. Penagihan janji itu sudah ditulis Lukas melalui sebuah surat.

"Pak Lukas kirim surat pribadi ke Pak Firli karena Pak Lukas minta janji Pak Firli di Papua," kata pengacara Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona, di Gedung Merah Putih KPK Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2023).

Petrus mengaku tidak mengetahui kapan surat itu ditulis Lukas Enembe. Ia juga enggan mengungkapkan janji apa yang ditagih Lukas Enembe.

"Intinya `saya menagih janji bapak waktu bicara dengan saya.` Enggak tahu lah gimana," kata Petrus.

Sementara, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya akan lebih dulu mengecek ke bagian persuratan untuk mengonfirmasi surat dari Lukas Enembe tersebut.

"Kami akan cek dulu di persuratan KPK," kata Ali, Rabu (1/2/2023).

Sebelumnya, Firli Bahuri pernah menemui Lukas Enembe di kediamannya di Koya, Jayapura, Papua, pada Kamis (3/11).

Kedatangan Firli untuk melakukan pemeriksaan kasus hukum dan kesehatan. Pada waktu itu, Firli mengajak tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan tim penyidik KPK.

KEYWORD :

KPK Gubernur Papua Lukas Enembe Korupsi Nawawi Pomolango Firli Bahuri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :