Jum'at, 26/04/2024 17:20 WIB

Menlu AS Mulai Tur Timur Tengah, Turunkan Ketegangan Israel Palestina

Blinken, yang akan melakukan perjalanan Senin dan Selasa ke Yerusalem dan Ramallah setelah singgah di Kairo, telah lama merencanakan kunjungan untuk melihat pemerintahan sayap kanan Israel yang baru.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberikan jumpa pers di akhir pertemuan para Menteri Luar Negeri NATO di markas besar Aliansi di Brussels, Belgia, 24 Maret 2021 [Olivier Hoslet / Pool / Anadolu Agency]

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken tiba di Mesir pada Minggu (29/1) untuk memulai perjalanan Timur Tengah. Dalam tur ini, dia akan berusaha mengurangi ketegangan Israel-Palestina setelah letusan kekerasan.

Blinken, yang akan melakukan perjalanan Senin dan Selasa ke Yerusalem dan Ramallah setelah singgah di Kairo, telah lama merencanakan kunjungan untuk melihat pemerintahan sayap kanan Israel yang baru.

Namun, perjalanan tersebut menjadi urgensi baru setelah beberapa kekerasan terburuk dalam beberapa tahun.

Seorang pria bersenjata Palestina pada hari Jumat menewaskan tujuh orang di luar sinagoga di lingkungan pemukim di Yerusalem timur, dan serangan lain menyusul pada hari Sabtu.

Pad Kamis, sembilan orang tewas dalam serangan tentara Israel di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki, dalam salah satu operasi paling mematikan dalam beberapa tahun.

Israel mengatakan pihaknya menargetkan militan Jihad Islam dan kemudian menyerang situs-situs di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas sebagai tanggapan atas tembakan roket.

Blinken akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Palestina Mahmud Abbas

"Dia akan menyerukan secara luas untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel saat dia mengutuk serangan sinagoga yang "mengerikan".

Kekerasan juga kemungkinan terjadi dalam pembicaraan Senin antara Blinken dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Sebagaimana diketahui, Mesir telah lama menjadi mediator Timur Tengah dan tetap menjadi mitra utama AS meskipun Presiden Joe Biden mengkritik catatan hak asasi manusianya.

AS, dengan hubungan dekatnya dengan Israel, secara historis memimpin diplomasi Timur Tengah. Tetapi para ahli mempertanyakan apakah Blinken dapat mencapai terobosan apa pun.

"Yang terbaik yang bisa mereka lakukan adalah menjaga stabilitas untuk menghindari Mei 2021 lagi," kata Aaron David Miller, seorang negosiator veteran AS, mengacu pada 11 hari pertempuran antara Israel dan Hamas yang berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Mesir.

Ghaith al-Omari, mantan pejabat Palestina sekarang di The Washington Institute, berharap Blinken mengulangi posisi tradisional AS daripada membuat terobosan baru.

"Perjalanan itu sendiri adalah pesannya," katanya. "Blinken akan meminta Abbas untuk berbuat lebih banyak tetapi tidak jelas apa yang bisa mereka lakukan," katanya, mengacu pada warga Palestina.

Kunjungan Blinken adalah bagian dari upaya pemerintahan Biden untuk terlibat secara cepat dengan Netanyahu, yang kembali menjabat pada akhir Desember memimpin pemerintahan paling kanan dalam sejarah Israel.

Perdana menteri terlama Israel memiliki hubungan yang buruk dengan presiden Demokrat terakhir, Barack Obama, karena Netanyahu secara terbuka memihak musuh Republiknya melawan diplomasi AS dengan Iran.

Penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, berkunjung bulan ini untuk membahas Iran setelah upaya untuk memulihkan perjanjian nuklir 2015, yang dibenci oleh Netanyahu, semuanya mati.

"Saya belum pernah melihat kontak tingkat tinggi yang begitu intens di bawah administrasi mana pun seperti yang Anda saksikan sekarang," kata Miller, sekarang di Carnegie Endowment for International Peace.

Tim Biden mencari "untuk menghindari konfrontasi dengan Netanyahu", kata Miller, mencatat dukungan kuat untuk pemimpin Israel di antara Partai Republik yang sekarang mengendalikan Dewan Perwakilan Rakyat.

David Makovsky, juga di Institut Washington, mengatakan dia juga memahami bahwa Direktur CIA Bill Burns telah mengunjungi wilayah tersebut. "Kelihatannya seperti membanjiri zona itu," katanya.

Netanyahu memuji sebagai pencapaian utama normalisasi hubungan tahun 2020 dengan Uni Emirat Arab, yang telah bergerak maju dengan kecepatan penuh dalam mengembangkan hubungan meskipun ada kekhawatiran publik atas langkah pemerintah baru.

Blinken diharapkan dalam perjalanannya untuk menegaskan kembali dukungan AS untuk negara Palestina, prospek yang sedikit diharapkan untuk maju di bawah pemerintahan Israel yang baru.

Departemen Luar Negeri mengatakan Blinken akan menyerukan pelestarian status quo di kompleks masjid Al-Aqsa, yang suci bagi orang Yahudi dan Muslim.

Sumber: AFP

 

KEYWORD :

Konflik Israel Palestina Amerika Serikat Tur Timur Tengah Antony Blinken




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :