Jum'at, 26/04/2024 17:55 WIB

Di DPR, Nadiem Paparkan Kinerja Kemdikbudristek Tahun 2022

Di DPR, Nadiem Paparkan Kinerja Kemdikbudristek Tahun 2022

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim memaparkan hasil kinerja Kemdikbudristek tahun 2022 di depan Komisi X DPR RI.

Terdapat sejumlah poin yang menjadi bahasan Nadiem. Pertama, peningkatan akses layanan pendidikan yang mencakup rata-rata lama sekolah (RLS), harapan lama sekolah (HLS), tingkat penyelesaian Pendidikan SD/sederajat dan SMP/sederajat, dan APK SMA/sederajat.

Kedua, terjadinya peningkatan partisipasi pendidikan pada kelompok pendapatan terendah, khususnya untuk SMA/sederajat dan perguruan tinggi.

"Hal ini menunjukkan kontribusi Kemdikbudristek seperti Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) memberikan manfaat positif pada anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk mendapatkan pendidikan," kata Nadiem pada Selasa (24/1).

Guna mendukung tercapainya prioritas nasional, Kemdikbudristek juga berhasil tetap menjaga komitmen untuk pelaksanaan anggaran yang bertanggung jawab dan berkualitas.

"Hal ini ditunjukkan dengan Nilai Kinerja Anggaran tahun 2022 pada kategori sangat baik dengan nilai 95,44 persen," ungkap Nadiem.

Tata kelola anggaran yang baik, lanjut Mendikbudristek, juga ditunjukkan dengan berhasilnya Kemdikbudristek mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian pada laporan keuangan sebanyak sembilan kali berturut-turut. Sedangkan perkembangan akuntabilitas kinerja Kemdikbudristek juga meningkat sebesar 1,7 poin dari tahun 2021, menjadi sebesar 78,9 pada tahun 2022.

Kemudian, aspek kebermanfaatan dari kinerja Kemdikbudristek ditunjukkan dari peningkatan Indeks Kepuasan Pemangku Kepentingan.

"Hasil survei kepuasan pemangku kepentingan Kemdikbudristek Tahun 2019-2022, secara keseluruhan indeks kepuasan pemangku kepentingan Kemdikbudristek tahun 2022 meningkat 1,3 poin dibanding tahun 2021," kata Nadiem.

Anggota Komisi X Adrianus Asia Sidot, mengapresiasi capaian kinerja Kemdikbudristek tahun 2022. Dia berharap, capaian ini bisa menghasilkan luaran dan dampak yang luar biasa.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menyampaikan dukungannya atas perkembangan riset dan digitalisasi sekolah.

"Saya juga mendorong anak bangsa untuk menempuh pendidikan tinggi secara berkelanjutan," tutup kata Hetifah.

KEYWORD :

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Kinerja Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :