Sabtu, 27/04/2024 23:52 WIB

Pulang dari Indonesia, Penasehat Partai Suu Kyi Tewas Ditembak

Bagi masyarakat muslim Myanmar, Ko Ni dikenal sebagai  figur Muslim ternama di negara yang mayoritasnya beragama Buddha itu.

Ko Ni, Myanmar, Aung San Suu Kyi

Yangon - Ko Ni, Pengacara dan penasehat Partai Liga Nasional Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi,  tewas ditembak di bandara Yangon, Myanmar sekembalinya dari Indonesia.

Kejadiannya  pada Minggu (29/1) waktu setempat itu. Peluru mengena di bagian kepala, Ko Ni langsung tewas di tempat. Seorang supir taksi sempat mengejar penyerang yang  melarikan diri. Nahas, supir taksi juga tewas di tembak.

Dilansir BBC, tersangka penembak sudah ditangkap namun belum ada penjelasan motif. Kementerian Informasi mengatakan tersangka bernama Kyi Lin, pria berusia 53 tahun dari Mandalay.

Bagi masyarakat muslim Myanmar, Ko Ni dikenal sebagai  figur Muslim ternama di negara yang mayoritasnya beragama Buddha itu. Bahkan menjadi  pegiat mahasiswa pada masa pergolakan melawan rezim militer tahun 1988 lalu dan pernah menjadi tahanan politik.

Setelah bebas, Ko Ni menjadi pengacara dan menjadi penasehat Partai  NLD. Dirinya mengkritik partainya, karena dianggap tidak menempatkan calon anggota parlemennya dari agama Islam pada pemilihan lalu.

Kelompok pegiat hak asasi Amensty International sudah mendesak penyelidikan yang mandiri atas pembunuhan Ko Ni.

KEYWORD :

Pengacara Ko Ni Partai NLD




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :