Jum'at, 03/05/2024 16:21 WIB

Gegera Donald Trump, Nominator Asal Iran Boikot Oscar 2017

Farhadi sebelumnya pernah meraih Oscar lewat film A Separation pada 2012.

Penulis dan sutrada asal Iran, Asghar Farhadi tolak hadiri nominasi Oscar 2017

Jakarta - Nominator Oscar 2017 asal Iran, Asghar Farhadi sebagai sutradara film berbahasa asing, dipastikan tidak akan hadir dalam malam penghargaan itu. Ini terkait pelarangan pembatasan warga Iran yang diteken Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Farhadi mengatakan, kebijakan Trump atas perintah eksekutifnya itu adalah rasis."Pelarangan visa Trump untuk orang Iran adalah rasisme,` tulisnya. "Apakah itu acara kebudayaan atau lainnya, saya tidak akan hadir menghadiri #AcademyAwards2017 sebagai bentuk protes," ujarnya.

Sosok Farhadi dikenal sebagai penulis dan sutradara film` The Salesman` menjadi salah satu dari tujuh negara muslim yang dilarang masuk Amerika Serikat. Tujuh negara mayoritas muslim, antara lain Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman.

Perhelatan malam penghargaan Oscar atau Academy Awards dijadwalkan berlangsung pada 26 Februari mendatang. Farhadi sebelumnya pernah meraih Oscar lewat film A Separation pada 2012. Sementara film terbarunya The Salesman, mengacu pada kisah Death of a Salesman milik Arthur Miller.

KEYWORD :

Oscar Asghar Farhadi Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :