Rabu, 08/05/2024 21:14 WIB

Mantap! Jam 2 Siang Ini Harga BBM Pertamax Turun Harga Jadi 12.800 Per Liter

Harga BBM jenis Pertamax akan turun harga menjadi 12.800 per liternya pada pukul 2 siang ini.

Harga BBM Pertamax Turun Harga. (Foto: Jurnas/doknet).

Jakarta, Jurnas.com- Kabar gembira untuk para pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru saja mengumumkan, mulai hari ini harga BBM jenis Pertamax akan turun, dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800 per liter.

Penurunan harga itu dilakukan seiring dengan penurunan harga minyak dunia dari level USD87 menjadi USD79.

"Sekarang harga minyak dunua turun ke USD79 karena itu sebelum tahun baru kita rapat 3 menteri ada Menkeu, Menteri ESDM dan saya, Ibu Nike diundang waktu itu, untuk memproyeksikan harga BBM yang pasar, yang bukan dibantu pemerintah. Salah satu Pertamax, itu makanya diputuskan kemarin, harga nanti yang hari ini Rp13.900 menjadi Rp12.800," kata Erick Thohir di SPBU PertaminaKawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023).

Diungkapkan Erick Thohir, penurunan harga ini memang tidak secepat SPBU swasta. Alasannya, Pertamina memiliki ekosistem pengolahan bahan bakar yang lebih besar, ditambah banyaknya SPBU yang tersebar.

"Kita harus melakukan singkronisasi. Karena kalau asa perubahan harga si pertamina, yang merupakan marketnya palign ebsar itu turunannya tidak seperti yang mengelola cuma 5 pom bensin, karena ini turunannya banyak,” kata Erick.

“Ada kilangnya, ada pom bensinnya, ada macam-macamnya. Bahasanya prosesnya perlu waktu. Tapi kemarin pun kita sudah percepat," tutupnya.

KEYWORD :

Pertamax Harga BBM 12.800




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :