Senin, 29/04/2024 22:06 WIB

Menko PMK Bagikan Bantuan kepada Wisatawan di Karimunjawa

Menko PMK Bagikan Bantuan kepada Wisatawan di Karimunjawa

Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memantau persiapan 6 ribu bantuan logistik yang akan diberikan kepada wisatawan yang terjebak di Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah akibat cuaca ekstrem. Bantuan itu berupa kebutuhan pokok.

"Hari ini sudah dinaikkan, ada 6 ribu box, dari bantuan beberapa BUMN, termasuk di dalam ada Pelni, Jasa Marga, Pelindo, Jasa Raharja," ujar Muhadjir di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (30/12).

Muhadjir mengatakan bantuan yang diberikan beragam bentuknya. Dia memastikan masyarakat menerima bantuan tersebut.

"Banyak sekali (itemnya), yang penting pokoknya, kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat Karimun Jawa yang sekarang sedang terjebak akibat cuaca," kata Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir mengucapkan terima kasih untuk awak kapal yang telah membantu mengevakuasi penumpang di Karimunjawa. Diketahui, ratusan wisatawan terjebak di Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, akibat cuaca ekstrem.

Kepulangan mereka tertunda sejak Kamis yang lalu, imbas gelombang tinggi tak ada kapal yang lalu lalang ke Karimunjawa.

"Khususnya nakhoda dan anak buah kapal Karimutu yang sudah dengan sangat kerja keras membantu pemerintah dalam mengevakuasi wisatawan, yang terjadi beberapa waktu lalu, yang terjebak di Karimunjawa, diakibatkan oleh kondisi cuaca buruk pada waktu itu," imbuh dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sebelumnya pemda telah memberikan bantuan untuk wisatawan yang terjebak. Dia berharap pemberian bantuan itu dapat berjalan lancar.

"Pokoknya yang pokok lah, kemarin sudah diberi bantuan sama Pak Bupati lah, jadi begitu hari pertama itu situasi seperti itu, bupati setelah menjemput mereka yg sudah di daratkan di sini, sekaligus ada tentengan yang membantu," ujar Ganjar.

"Pengecekan tadi pagi, di Pemkab Jepara di sana pasarnya masih berjalan, artinya sembako kebutuhan pokok tersedia, sekarang dibantu lagi oleh teman-teman, Pak Menko hadir sendiri, mudah-mudahan amanlah ya, besok kita tengok," imbuh dia.

KEYWORD :

Menko PMK Muhadjir Effendy Pulau Karimunjawa Wisatawan Cuaca Ekstrem




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :