Sabtu, 04/05/2024 10:16 WIB

BKKBN Jabar Imbau Remaja Tak Menikah Dini dan Hindari Seks Bebas

BKKBN Jabar Imbau Remaja Tak Menikah Dini dan Hindari Seks Bebas.

Logo Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (Foto: Supianto/ Jurnas.com)

JAKARTA, Jurnas.com - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana (Genre) Tingkat Jawa Barat Tahun 2022 atau Adujak Genre 2022.

Kegiatan yang diinisiasi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Subbidang Ketahanan Remaja BKKBN Jawa Barat ini dinilai sangat strategis dalam memberikan edukasi kepada remaja untuk menyusun masa depan mereka.

Kepala perwakilan BKKBN Jawa Barat, Wahidin mengatakan, salah satu program untuk mengedukasi pada remaja yaitu melalui program Genre agar remaja di Jawa Barat terhindar dari pernikahan di bawah usia ideal menikah, menghindari seks bebas, dan tidak terkena Napza.

"Dengan menghindari tiga hal tersebut ternyata berdampak positif pula pada percepatan penurunan stunting. Untuk itu, perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat dalam Adujak Genre 2022 sekaligus mengukuhkan perwakilan Duta Genre tingkat desa dari 27 Kota kabupaten di Jawa Barat dalam rangka memasifkan program percepatan penurunan stunting," kata Wahidin.

Acara puncak Adujak Genre sendiri telah berlangsung dari 18-20 Desember 2022 di Grand Sunshine Kabupaten Bandung dengan memberikan apresiasi bagi Duta Genre, kelompok kegiatan, Forum Genre terbaik di Jawa Barat.

Wahidin yang disapa oleh remaja Genre sebagai Ayah ini menyampaikan, salah satu agen perubahan yang coba dibentuk oleh BKKBN melalui program PKBR adalah Duta Generasi Berencana (Duta Genre) yang merupakan brand ambassador program Genre bagi remaja-remaja lainnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan membangun semangat untuk terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi remaja-remaja di daerah masing-masing.

"Duta Genre memegang peranan penting untuk menyosialisasikan program Bangga Kencana, khususnya dalam Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR). Melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melewati lima transisi kehidupan masa remaja dengan baik," ujarnya.

Koordinator bidang KSPK Elma menjelaskan, Adujak Genre Jawa Barat 2022 sudah berlangsung dari November yang diisi dengan perlombaan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) berbagai segmentasi, Bina Keluarga Remaja, Forum GenRe, maupun Duta GenRe se-Jawa Barat.

"Adujak Genre 2022 ini dihadiri Genre Kota Kabupaten, Kepala Dinas, aktivis remaja, serta para remaja di Jawa Barat untuk mendukung jagoannya," kata Elma.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Bandung, Muhammad Hairun mengingatkan, pernikahan dini, stunting serta persoalan remaja lainnya di Jawa Barat, dapat teratasi dengan adanya program Genre dengan dukungan penuh Bunda Genre dalam setiap realisasi kegiatannya.

"Terkait dengan siapapun yang menang, tetaplah kita Jawa Barat Juara," ucapnya.

Adapun berdasarkan hasil penjurian terpilihlah Duta Genre Provinsi Jawa Barat putra dari Kota Cimahi atas nama Jason Maxwell dan Duta Genre Provinsi Jawa Barat putri atas nama Meita Choppypah dari Kota Depok.

Meita dan Jason menggantikan Duta Genre Jawa Barat tahun sebelumnya yakni Maul dan Feni yang akan melaju di pemilihan Duta Genre tingkat nasional tahun 2023. 

KEYWORD :

BKKBN Provinsi Jawa Barat Adujak Genre 2022




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :