Kamis, 02/05/2024 05:00 WIB

Tokoh Pendidikan dan Lintas Agama Deklarasi Anies Capres 2024

Tokoh Pendidikan dan Lintas Agama Deklarasi Anies Capres 2024

Praktisi pendidikan, Indra Charismiadji (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sejumlah tokoh pendidikan dan tokoh lintas agama yang mengatasnamakan Laskah Angkatan Muda Anies Baswedan (Laskar Aman), mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden 2024.

Indra Charismiadji, yang selama ini dikenal sebagai tokoh yang kritis terhadap pendidikan Indonesia, mengatakan deklarasi ini sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap Anies, yang dinilai potensi sebagai calon presiden.

Dia menegaskan bahwa relawan Laskar Aman hadir secara organik, alih-alih bayaran. Dukungan diberikan semata-mata sebagai bentuk kecintaan terhadap Ibu Pertiwi.

"Kami menilai Pak Anies ini, bisa menjadi presiden untuk semua. Kami sedih melihat bangsa ini dibodohi, dipecah-belahkan walaupun sudah merdeka puluhan tahun," kata Indra kepada awak media pada Minggu (4/12) di Tebet, Jakarta Selatan.

Indra mengatakan bahwa relawan Laskar Aman juga ingin menjadikan Indonesia sebagai negara aman dan bebas dari segala upaya polarisasi, yang kerap kali digulirkan oleh kelompok tertentu untuk melakukan intimidasi.

"Pada dasarnya kami sudah muak dengan narasi perpecahan dengan politik dengan jargon aku Pancasila dan kamu khilafah. Padahal mereka ini saudara-saudara kita juga, sementara mereka mempunyai pandangan berbeda mungkin enggak seperti yang digembar-gemborkan," tegas dia.

"Ketakutan yang disebarkan selama ini bahwa Jakarta akan menjadi provinsi syariah atau pengusung negara khilafah tidak terbukti. Bahkan, Pak Anies melakukan berbagai macam terobosan memberikan rasa aman dan kebebasan untuk semua agama," imbuh dia.

Indra juga mengajak semua pihak bersaing secara sehat dengan beradu ide, dan bukan menggunakan politik identitas. Sebab, relawan Laskar Aman yang terdiri dari tokoh pendidikan dan lintas agama merupakan komunitas yang mencerdaskan dan mempersatukan bangsa.

Indra menambahkan, pihaknya juga tidak akan pernah memaksa atau membenci siapapun yang berbeda pandangan politik. Kendati begitu, relawan Laskar Aman mengajak semua pihak meski berbeda pandangan politik untuk bersama-sama membangun Indonesia dengan penuh persaudaraan.

"Bantu kami untuk membangun Indonesia, jadi silahkan anda mendukung diterima tetapi yang berbeda pandangan politik dengan kami jangan musuhi kami. Tetapi anggaplah tetap bersaudara yang ibaratnya lagi balapan sepeda, siapa saja bisa menang tapi tidak perlu membenci kan. Kita tidak memusuhi dan kita menganggap semua sama harkat dan martabatnya," ucap dia.

"Saya ini Nasrani, ajaran gereja itu cinta kasih. Jadi ada orang yang mendorong narasi untuk memusuhi justru bertentangan dengan ajaran gereja. Jadi enggak memaksa mereka untuk ikut seperti kami menjadi Laskar Aman, tetapi tetap saudara sebangsa dan setanah air," tutup Indra.

KEYWORD :

Laskar Aman Anies Baswedan Indra Charismiadji Tokoh Pendidikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :