Senin, 06/05/2024 13:37 WIB

Elon Musk Tuding Apple Ingin Blokir Twitter dari App Store

Elon Musk Tuding Apple Ingin Blokir Twitter dari App Store

Dua senator AS meminta penyelidikan federal atas klaim Autopilot oleh Tesla dan kepala eksekutifnya, Elon Musk. (Foto: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Elon Musk menuduh Apple Inc mengancam akan memblokir Twitter Inc dari App Store tanpa mengatakan alasannya. Lewat serangkaian tweet, dia juga mengatakan pembuat iPhone telah berhenti beriklan di platform media sosial.

CEO miliarder Twitter dan Tesla mengatakan pada Senin bahwa Apple menekan Twitter atas tuntutan moderasi konten.

Tindakan tersebut, yang belum dikonfirmasi oleh Apple, bukanlah hal yang aneh karena perusahaan secara rutin menegakkan aturannya dan sebelumnya menghapus aplikasi seperti Gab dan Parler.

Parler, yang populer di kalangan konservatif di Amerika Serikat, dipulihkan oleh Apple pada 2021 setelah aplikasi memperbarui konten dan praktik moderasinya, kata perusahaan saat itu.

"Apple sebagian besar berhenti beriklan di Twitter. Apakah mereka membenci kebebasan berbicara di Amerika?" kata Musk, yang menjadikan Twitter pribadi seharga $44 miliar bulan lalu, dalam sebuah tweet, seperti dikutip dari Reuters.

Ia kemudian menandai akun Twitter Chief Executive Officer Apple Tim Cook di tweet lain, bertanya, "Apa yang terjadi di sini?"

Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar.

"Tidak jelas bagi saya seberapa jauh ide itu masuk ke dalam rantai makanan Apple dan tanpa mengetahuinya, tidak jelas seberapa serius mengambil semua ini," kata kata Randal Picker, seorang profesor di University of Chicago Law School, Randal Picke.

Apple telah menghabiskan sekitar $131.600 untuk iklan Twitter antara 10 November dan 16 November, turun dari $220.800 antara 16 Oktober dan 22 Oktober, seminggu sebelum Musk menutup kesepakatan Twitter, menurut perusahaan pengukuran iklan Pathmatics.

Pada kuartal pertama tahun 2022, Apple adalah pengiklan teratas di Twitter, menghabiskan $48 juta dan menyumbang lebih dari 4 persen dari total pendapatan untuk periode tersebut, Washington Post melaporkan, mengutip dokumen internal Twitter.

Twitter tidak segera menanggapi permintaan kantor berita Reuters untuk mengomentari laporan tersebut.

Perang

Di antara daftar keluhan yang di-tweet oleh Musk adalah biaya hingga 30 persen yang dibebankan Apple kepada pengembang perangkat lunak untuk pembelian dalam aplikas. Musk bahkan mengunggah meme yang menunjukkan bahwa ia bersedia berperang dengan Apple daripada membayar komisi.

Biaya tersebut telah menuai kritik dan tuntutan hukum dari perusahaan seperti Epic Games pembuat Fortnite sambil menarik pengawasan regulator secara global.

Komisi tersebut dapat membebani upaya Musk untuk meningkatkan pendapatan berlangganan di Twitter, sebagian untuk menebus eksodus pengiklan karena masalah moderasi konten.

Perusahaan dari General Mills Inc hingga pembuat mobil mewah Audi of America telah menghentikan atau menghentikan iklan di Twitter sejak akuisisi, dan Musk mengatakan awal bulan ini bahwa perusahaan telah mengalami penurunan pendapatan yang "besar-besaran".

Penjualan iklan menyumbang sekitar 90 persen dari pendapatan Twitter.

Absolut kebebasan berbicara yang digambarkan sendiri, yang perusahaannya dalam beberapa hari terakhir telah mengaktifkan kembali beberapa akun Twitter termasuk mantan Presiden AS Donald Trump, menyalahkan kelompok aktivis karena menekan pengiklan.

Ben Bajarin, kepala teknologi konsumen di firma riset Creative Strategies, mengatakan bahwa Musk mungkin terlalu banyak membaca proses reguler yang dilalui Apple untuk ulasan aplikasi.

"Tinjauan aplikasi dari Apple tidak sempurna dengan cara apa pun dan proses yang membuat frustrasi secara konsisten bagi pengembang, tetapi dari apa yang saya dengar, ini adalah percakapan dua arah," katanya.

KEYWORD :

App Store Elon Musk Twitter Orang Terkaya di Dunia Apple Inc




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :