Kamis, 02/05/2024 05:31 WIB

Ribuan Orang Padati Washington Kecam Trump

Sehari setelah pelantikan Trump, kelompok yang menyebut dirinya Women`s March, mengajak ratusan ribu orang untuk memenuhi jalan-jalan Washington.

Women March di pusat kota Washington Sabtu (21/01) kemarin.(foto:guardian)

Washington - Lebih dua ribuan orang turun ke jalan dalam festival Film Sundance pada sabtu (21/01). Gerakan ini menunjukkan perlawanan pada agenda Presiden AS Donald Trump.

Demonstran tampak mengenakan topi rajutan merah mudah melingkar dikepalanya, sebagai simbol gerakan sembari berdiri dijalan Park City meneriakkan "Bukan Presiden saya", "Cinta Trumps Palsu" dan "Berjuang selayaknya perempuan".

Sehari setelah pelantikan Trump, kelompok yang menyebut dirinya Women`s March, mengajak ratusan ribu orang untuk memenuhi jalan-jalan Washington, Amerika Serikat dan seluruh dunia untuk menyuarakan oposisi kepemimpinan Trump yang dinilai cepat marah, retorika populis, merendahkan martabat perempuan serta minoritas.

Martina Costello, salah satu warga Park City, mengakui dirinya ikut demonstran karena ingin melihat anak-anak melihat suatu perubahan

"Ini membuat saya merinding, hingga tak kusadari air mata mengalir dipipiku," ujarnya.

Lautan manusia yang tumpah di jalanan pusat kota Washington itu bahkan melampaui yang hadir untuk pelantikan Trump. Beberapa artis terkenal, seperti Alicia Keys, Madonna dan Janelle Monae ikut memeriahkan Women March tersebut yang digelar sejak Jum`at sewaktu pelantikan Donald Trump sebagai presiden AS ke-45.

Selebriti lainnya bergabung Aisha Tyler, Connie Britton dan Maria Bello, yang mengatakan dia terinspirasi untuk berbaris setelah mendengar Meryl Streep memberikan serangan pedas pada Trump selama dia Golden Globes pidato awal bulan ini.[]

KEYWORD :

women march pelantikan donald trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :