Jum'at, 03/05/2024 19:24 WIB

LaNyalla Jadi Perbincangan Hangat dalam Bursa Capres 2024, Ini Biografinya

Aa LaNyalla Mahmud Mattalitti merupakan Ketua DPD RI. Dia terpilih menjadi senator Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan perolehan 2.267.058 suara pada pemilu legislatif tahun 2019.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Humas DPD For Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menjadi perbincangan hangat dalam bursa capres 2024, tokoh politik yang akrab disapa LaNyalla ini dinilai sebagai capres idola dalam pilpres 2024.

Hal ini dibuktikan dengan massifnya deklarasi dukungan masyarakat yang mendorong LaNyalla maju sebagai capres 2024, masyarakat yang mendukung LaNyalla berasal dari berbagai kalangan seperti petani, nelayan, kaum milenial, ibu rumah tangga, pelaku UMKM, buruh, tenaga pendidik dan masyarakat umum.

Deklarasi dukungan juga tersebar di berbagai provinsi yaitu Bogor Jawa Barat, Solo Jawa Tengah, Samarinda Kalimantan Timur, Padang Sumatera Barat, Palembang Sumatera Selatan, bali, Surabaya dan kabupaten kota di Jawa Timur.

Lalu siapa sosok LaNyalla sebenarnya?

Aa LaNyalla Mahmud Mattalitti merupakan Ketua DPD RI. Dia terpilih menjadi senator Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan perolehan 2.267.058 suara pada pemilu legislatif tahun 2019.

LaNyalla lahir di Jakarta 10 Mei 1959. Dia besar dari keluarga akademisi dan pengusaha. Ayahnya Mahmud Mattalitti merupakan dosen yang pernah dipercaya sebagai pembantu dekan Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

LaNyalla mulai menapaki jenjang pendidikan dengan bersekolah di  SD Bhinneka Bhakti Surabaya, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Surabaya, SMA Negeri 3 Surabaya, lalu mengambil kuliah Teknik Sipil di Universitas Brawijaya dan mencapai gelar Magister Sains Hukum dan Pembangunan di Universitas Airlangga Surabaya.

Selain itu, ia juga pernah mengenyam pendidikan pondok pesantren di Bekasi Jawa Barat, setelah beranjak dewasa LaNyalla rindu mondok kemudian memilih nyantri di Komplek Makam Sunan Giri Gresik.

Selain sebagai seorang politisi yang konsisten mengabdi untuk bangsa, LaNyalla juga dikenal sebagai pengusaha dan organisatoris, ia aktif di berbagai organisasi seperti  KADIN, Pemuda Pancasila, KNPI, HIPMI, GM KOSGORO, GAPEKNAS, KONI dan PSSI.

LaNyalla pernah menjadi Ketua HIPMI Jawa Timur, Ketua KADIN Jawa Timur dan Ketua Umum PSSI Pusat, selain itu ia juga aktif di Pemuda Pancasila hingga saat ini sebagai Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur.

LaNyalla meniti jenjang karirnya dari daerah hingga ke pusat. LaNyalla merupakan tokoh sentral di Jawa Timur, ia tinggal di Jawa Timur sejak kecil hingga dewasa.

LaNyalla  memiliki garis keturunan Bugis-Makassar. Kakek LaNyalla, Haji Mattalitti merupakan seorang saudagar Bugis-Makassar yang dihormati.

Ayahnya, Haji Mahmud Mattalitti dan ibunya, Hj Fauziah keduanya berasal dari Bugis Sulawesi Selatan. Orang tua LaNyalla menikah di Makassar pada tahun 1953.

 

 

KEYWORD :

Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti biografi capres Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :