Kamis, 16/05/2024 15:03 WIB

Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Pertama dari Asia

Perdana menteri baru ini lahir di Southampton dari orang tua India yang datang ke Inggris dari Afrika Timur

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak (BBC)

London, Jurnas.com - Mantan Kanselir Rishi Sunak menjadi perdana menteri baru Inggris- Asia pertama pada hari Senin setelah Penny Mordaunt keluar dari kontes beberapa menit sebelum batas waktu pencalonan tercapai.

Sir Graham Brady, ketua Panitia dalam pernyataan singkatnya menegaskan bahwa Sunak menjadi pemimpin baru. Dia mengumumkan bahwa panitia hanya menerima satu aplikasi, yaitu dari Sunak.

Sunak, 42, adalah kanselir bendahara – posisi menteri tertinggi untuk urusan keuangan Inggris – di Kabinet Boris Johnson pada tahun 2020.

Perdana menteri baru ini lahir di Southampton dari orang tua India yang datang ke Inggris dari Afrika Timur. Ayahnya adalah seorang dokter dan ibunya memiliki toko kimia.

Sunak menikah dengan dua anak.

Dalam masanya sebagai menteri keuangan selama pandemi COVID-19, Sunak merancang dan menerapkan program dukungan ekonomi yang luas untuk negara yang mencapai ratusan miliar pound, mendukung pengusaha dan karyawan dengan dana pemerintah yang murah hati.

Kontes kepemimpinan dipicu setelah pengunduran diri Perdana Menteri Liz Truss Kamis lalu setelah hanya enam minggu di kantor pemerintah, menyusul gejolak dan gejolak dalam ekonomi karena anggaran mininya.

Mordaunt menarik diri

Pernyataan Mordaunt untuk mundur dari kontes datang beberapa menit sebelum tenggat waktu tercapai.

“Partai kami adalah keanggotaan kami. Apakah kami terpilih sebagai perwakilan, aktivis, penggalangan dana, atau pendukung. Kami semua memiliki kepentingan tentang siapa pemimpin kami,” tulis Mordaunt di Twitter.

Dia mencatat: "Ini adalah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Terlepas dari jadwal ketat untuk kontes kepemimpinan, jelas bahwa rekan kerja merasa kita membutuhkan kepastian hari ini. Mereka telah mengambil keputusan ini dengan itikad baik untuk kebaikan negara.

"Anggota harus tahu bahwa proposisi ini telah diuji secara adil dan menyeluruh oleh proses 1922 yang disepakati."

Pernyataannya lebih lanjut berbunyi: "Sebagai hasilnya, kami sekarang telah memilih Perdana Menteri kami berikutnya. Keputusan ini adalah keputusan bersejarah dan menunjukkan, sekali lagi, keragaman dan bakat partai kami. Rishi mendapat dukungan penuh saya.

"Saya bangga dengan kampanye yang kami jalankan dan berterima kasih kepada semua orang. Kami semua berutang kepada negara, satu sama lain dan kepada Rishi untuk bersatu dan bekerja sama demi kebaikan bangsa. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan."

KEYWORD :

Rishi Sunak Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :