Senin, 29/04/2024 14:24 WIB

Charles III Tiba di Irlandia Utara untuk Kunjungan Pertama Sebagai Raja

Charles III tiba di Irlandia Utara untuk kunjungan pertama sebagai raja.

Raja Charles III dan permaisuri bertemu simpatisan di luar Istana Hillsborough (Niall Carson/Pool via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Raja Charles III telah tiba di Irlandia Utara, memimpin berkabung untuk Ratu Elizabeth II di empat bagian Inggris sebelum peti mati ibunya diterbangkan ke London sebelum empat hari disemayamkan.

Charles dan Camilla, permaisuri, disambut di bandara pada Selasa (13/9) oleh Lord Letnan Belfast, Dame Fionnuala Mary Jay-O`Boyle dan Sekretaris Irlandia Utara Chris Heaton-Harris.

Orang-orang berbaris di jalan-jalan di Kastil Hillsborough, kediaman resmi raja di Irlandia Utara.

"Kami keluar untuk memberi penghormatan kepada Ratu Elizabeth karena dia adalah ratu yang fantastis dan sangat setia kepada Irlandia Utara dan kami ingin berada di sini untuk menyambut raja baru," kata Heather Paul, 61, sambil memegang bunga dan bendera kecil Union.

Joy Hutchinson, 34, mengatakan berharap Charles akan menyatukan Inggris setelah beberapa orang menyalahkan Brexit, kepergian Inggris dari Uni Eropa, antara lain karena melonggarkan hubungan Inggris dengan Irlandia Utara.

Charles berkendara di sepanjang jalan yang dipenuhi kerumunan orang di Hillsborough dan kemudian meninggalkan mobilnya untuk berjabat tangan dengan para simpatisan sambil meneriakkan "God Save the King".

Perasaan campur aduk

Monarki Inggris menarik emosi yang campur aduk di Irlandia Utara, di mana terdapat dua komunitas utama: sebagian besar anggota serikat Protestan menganggap diri mereka Inggris dan sebagian besar nasionalis Katolik Roma menganggap diri mereka sebagai orang Irlandia.

Perpecahan sektarian yang mendalam tetap ada, seperempat abad setelah perjanjian damai 1998 Irlandia Utara.

Tetapi sebagai tanda seberapa jauh Irlandia Utara telah mencapai jalan menuju perdamaian, perwakilan Sinn Fein – partai nasionalis utama Irlandia, yang terkait selama The Troubles to IRA – menghadiri acara peringatan untuk ratu dan bertemu raja pada hari Selasa.

Presiden dan perdana menteri Republik Irlandia yang bertetangga juga akan menghadiri upacara peringatan di Belfast, meskipun hubungan tegang antara Dublin dan London karena Brexit.

Elizabeth meninggal pada hari Kamis di rumah liburannya di Kastil Balmoral, di Dataran Tinggi Skotlandia, pada usia 96 tahun setelah 70 tahun memerintah, membuat bangsa itu berkabung.

Peti mati ratu akan diterbangkan ke London pada Selasa malam dan kemudian dibawa ke Istana Buckingham.

Pada hari Rabu, itu akan dibawa dengan kereta meriam sebagai bagian dari prosesi militer besar ke Westminster Hall di mana periode berbaring di negara bagian akan dimulai hingga 19 September.

Anggota masyarakat akan diizinkan untuk memproses melewati peti mati, yang akan ditutupi oleh bendera Standar Kerajaan dengan Orb dan Tongkat Kerajaan yang ditempatkan di atasnya, selama 24 jam sehari hingga pagi hari pemakaman.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Raja Charles III Irlandia Utara Ratu Elizabeth II




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :