Kamis, 25/04/2024 08:13 WIB

Joe Biden Tiba di London untuk Pemakaman Ratu Elizabeth II

Joe Biden tiba di London untuk pemakaman Ratu Elizabeth II

Reaksi Presiden AS Joe Biden saat menyampaikan pidato di atas panggung selama pertemuan di Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, pada 1 November 2021. (Foto: AFP/Brendan Smialowski)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden telah tiba di London menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II.

Ia diperkirakan akan memberikan penghormatan di peti matinya pada hari Minggu dan kemudian akan bergabung dengan Raja Charles dan puluhan pemimpin dunia lainnya untuk resepsi menjelang pemakaman kenegaraan hari Senin.

Jenazah Elizabeth telah disemayamkan di Westminster Hall yang bersejarah sejak Rabu, dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat dan dari seluruh dunia telah melewatinya dengan arus emosi yang konstan, banyak yang mengantri semalaman dan beberapa hingga 24 jam.

"Warisannya akan tampak besar di halaman sejarah Inggris, dan dalam kisah dunia kita," kata Biden dalam sebuah pesan menyusul berita kematian ratu pada 8 September.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, yang terlihat membungkuk hormat ke peti mati, termasuk di antara pejabat yang telah memberikan penghormatan.

Kerajaan Inggris telah menyelenggarakan serangkaian upacara yang pedih dan dikoreografi dengan hati-hati dalam 10 hari setelah kematian Elizabeth, yang mencerminkan tradisi dan arak-arakan keluarga kerajaan Inggris yang garis keturunannya membentang hampir 1.000 tahun.

Pada Sabtu malam, delapan cucu ratu, termasuk putra Charles, Pangeran William dan Harry, mengadakan upacara khidmat di sisi peti matinya, mengikuti perayaan serupa oleh anak-anaknya pada hari sebelumnya.

Camilla, permaisuri baru, adalah anggota kerajaan terakhir yang memberikan penghormatan saat dia mengingat senyum ibu mertuanya dan "mata biru yang indah".

"Dia sudah menjadi bagian dari hidup kami selamanya. Saya berusia 75 tahun sekarang dan saya tidak dapat mengingat siapa pun kecuali Ratu berada di sana," kata Camilla dalam komentar yang disiarkan televisi.

"Pasti sangat sulit baginya menjadi wanita penyendiri di dunia yang didominasi oleh pria," kata permaisuri. "Tidak ada perdana menteri atau presiden wanita. Dia adalah satu-satunya jadi saya pikir dia mengukir perannya sendiri."

Mengheningkan cipta selama satu menit akan diadakan pada pukul 8 malam (1900 GMT) pada hari Minggu.

Pemakaman kenegaraan

Para bangsawan dan pemerintah Inggris sekarang menantikan pemakaman hari Senin di Westminster Abbey, tempat penobatan, pernikahan dan pemakaman Inggris dan kemudian raja dan ratu Inggris sejak William I pada 1066.

Kepolisian London menggambarkan upacara itu sebagai operasi keamanan terbesar yang pernah dilakukan.

Sekitar 500 tamu yang mewakili hampir 200 negara dan wilayah akan hadir – presiden, perdana menteri, raja, ratu dan sultan di antara jumlah mereka – dan kerumunan besar diperkirakan akan memadati jalan-jalan.

Inggris belum mengadakan pemakaman kenegaraan dalam skala yang direncanakan untuk ratu sejak itu untuk pemimpin Perang Dunia Kedua Winston Churchill.

Pemerintah mengatakan layar lebar untuk menyaksikan upacara itu akan dipasang di Hyde Park di London dan di kota-kota di seluruh negeri. Pemakaman juga akan disiarkan langsung oleh tiga penyiar.

Begitulah keinginan untuk membayar upeti kepada raja yang populer, satu-satunya yang diketahui oleh sebagian besar orang Inggris sejak naik tahta pada tahun 1952, sehingga puluhan ribu orang telah menunggu dengan sabar dalam antrean yang membentang di sepanjang Sungai Thames untuk menghabiskan beberapa detik singkat di samping. dari peti matinya.

Pada saat dia berbaring di negara bagian berakhir pada hari Senin, para pejabat memperkirakan sebanyak 750.000 mungkin telah mengajukan masa lalu.

"Dia tidak akan percaya semua ini, dia benar-benar tidak akan percaya," kata Pangeran William ketika dia bergabung dengan ayahnya Charles, raja baru, untuk berbicara kepada pelayat yang mengantri. “Ini luar biasa.”

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Pemakaman Ratu Elizabeth II Joe Biden Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :