Minggu, 28/04/2024 12:37 WIB

Menteri Basuki Pimpin Upacara Pemakaman Hermanto Dardak

Menteri Basuki pimpin upacara militer pemakaman Hermanto Dardak

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono di TMP Kalibata. (Dok. Kementerian PUPR).

Jakarta, Jurnas.com - Upacara militer proses pemakaman Wakil Menteri Pekerjaan Umum Periode 2009-2014, Achmad Hermanto Dardak di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Minggu, (21/8/2022), dipimpin Menteri Pekerjaan Umum dan Perumauan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Dalam suasana duka, Menteri Basuki mengenang sosok almarhum Hermanto Dardak sebagai insan PUPR pekerja keras dan tulus ikhlas mengabdi untuk pembangunan di Indonesia.

"Jadi gelar doktor bukan hanya akademisi, tetapi mondok di kantor. Makanya saya memiliki istilah, jangan jadi orang yang bekerja di PU yang tanpa value, tetapi jadilah orang PU. Walaupun beliau sudah pensiun tetap jadi orang PU," kata Basuki.

Menurut dia, perjalanan karir ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak di Kementerian PUPR cukup strategis mulai dari Kepala Seksi, Kepala Subdit, Kepala Biro hingga Direktur Jenderal Bina Marga dan Wakil Menteri PU Periode 2009-2014.

Kemudian, kata dia, almarhum dipercaya sebagai Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) hingga sekarang masih aktif mengabdi sebagai Widyaiswara Utama Kementerian PUPR.

"Beliau sampai akhir hayatnya masih sebagai ASN PUPR. Sekarang beliau sebagai Ketua Tim Pengarah Satuan Tugas Pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara. Menurut saya, beliau salah satu ahli yang mengarahkan kami semua terutama untuk pengembangan wilayah, termasuk konsep smart city di PUPR," jelas dia.

Di samping itu, Basuki juga menilai almarhum Hermanto Dardak selalu berkontribusi menghidupkan suasana kerja team work, kekeluargaan, dan keterbukaan untuk mewujudkan sinergitas dalam pembangunan infrastruktur.

"Tidak boleh ada satu pun pekerjaan di PUPR yang diklaim hanya dikerjakan oleh satu orang atau hanya satu unit organisasi di PU, semua merupakan hasil team work. Beliau ini selalu menghidupkan team work. Jadi kami sebagai teman sejawat sangat merasakan kehilangan beliau, karena saya juga orang PU," ujarnya.

KEYWORD :

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono pemakaman Hermanto Dardak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :