Jum'at, 26/04/2024 18:29 WIB

Menko Mahfud MD Buka Kongres Pelajar NU

Mewakili Presiden Jokowi, Menko Mahfud MD buka Kongres pelajar NU

Suasana kemeriahan pembukaan Kongres IPNU dan IPPNU di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. (Dok. NU online)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Muhammad Mahfud MD membuka secara resmi Kongres XX Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Kongres XIX Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) pada Jumat (12/8/2022).

Forum tertinggi pelajar NU ini digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, selama empat hari, Jumat-Senin, 12-15 Agustus 2022 mendatang. “Saya membuka Kongres Ke-20 IPNU dan Ke-19 IPPNU atas nama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dengan ini mari bersama-sama membaca surat Al-Fatihah,” ujar Menko Polhukam.

Dalam kesempatan ini, Prof Mahfud menyampaikan bahwa bangsa Indonesia harus bersatu. IPNU dan IPPNU sebagai anak kandung Nahdlatul Ulama yang merupakan penyangga utama Indonesia harus menjaga kebersatuan itu dengan Islam moderatnya. "Kita merdeka karena dulu bersatu,” kata Prof Mahfud saat menyampaikan sambutan mewakili Presiden Joko Widodo.

Pria asal Madura ini juga mengajak agar IPNU dan IPPNU memegang teguh Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia. Tidak perlu untuk mengusung negara Islam.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menegaskan bahwa manusia harus peduli terhadap kondisi kemanusiaan yang ada. Hal ini bisa ditangani melalui pekerjaan nyata di akar rumput, tidak bisa dari pantauan kejauhan.

“Kita membutuhkan gerakan sosial yang mampu berperan secara strategis dan efektif,” ujar kiai yang akrab disapa Gus Yahya itu dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani menyampaikan bahwa PP IPNU memiliki pancakhidmat, yaitu (1) penguatan dan konsolidasi organisasi, (2) penguatan kaderisasi, (3) pengembangan inovasi, (4) pemantapan ideologi, dan (5) ketahanan informasi.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Agama sekaligus Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Majelis Alumni IPNU H Hilmi Muhammadiyah, Sekretaris Majelis Alumni IPNU sekaligus Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga H Asrorun Niam Soleh.

Hadir juga Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) dan Ketua Umum PP IPNU 2000-2003 H Abdullah Azwar Anas, dan Anggota DPR RI Saifullah Tamliha. Hadir pula Ketua Badan Inovasi Strategis PBNU Hj Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid).

 

KEYWORD :

Mahfud MD Kongres IPNU IPPNU




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :