Sabtu, 04/05/2024 12:31 WIB

Inflasi Tahunan AS Turun Jadi 8,5 Persen

Inflasi tahunan AS turun jadi 8,5 persen.

Inflasi AS sedikit berkurang menjadi 8,5 persen pada Juli 2022, turun dari 9,1 persen pada Juni. (Foto: AFP/File/Frederic J BROWN)

JAKARTA, Jurnas.com - Inflasi tahunan Amerika Serikat (AS) sedikit menurun pada Juli karena harga bahan bakar turun, tetapi tetap tinggi di 8,5 persen, menurut data resmi Departemen Tenaga Kerja AS pada Rabu (10/8).

Tetapi Indeks Harga Konsumen (CPI)  tidak berubah di bulan lalu setelah naik 1,3 persen pada Juni. Adapun CPI inti, yang menghilangkan komponen makanan dan energi yang lebih mudah berubah, naik hanya 0,3 persen atau terkecil dalam empat bulan.

Namun, data menunjukkan harga pangan terus meningkat. Harga konsumen AS telah melonjak karena sejumlah faktor, termasuk rantai pasokan global yang kacau, stimulus besar-besaran pemerintah di awal pandemi COVID-19 dan invasi Rusia ke Ukraina.

Makanan adalah salah satu komponen dari CPI yang tetap tinggi di bulan Juli, naik 1,1 persen bulan lalu setelah naik 1,0 persen di bulan Juni.

Dalam 12 bulan hingga Juli, CPI meningkat lebih lemah dari perkiraan 8,5 persen menyusul kenaikan 9,1 persen pada Juni. Tekanan inflasi yang mendasari, di luar komponen volatile food dan energi, juga menunjukkan beberapa tanda yang menggembirakan.

Apa yang disebut CPI inti naik 0,3 persen pada Juli setelah naik 0,7 persen pada Juni, tetapi meningkat 5,9 persen dalam 12 bulan hingga Juli, kecepatan yang sama seperti pada Juni.

Inflasi dalam biaya sewa dan sewa setara pemilik tempat tinggal utama, yang akan diterima pemilik rumah dari menyewa rumah, bertahan hampir stabil bulan lalu. Biaya tempat tinggal mencakup sekitar 40 persen dari ukuran CPI inti.

Wall Street berjangka melonjak menjelang pembukaan pasar, didukung oleh data inflasi AS yang lebih rendah dari perkiraan, dengan harapan Federal Reserve dapat memperlambat laju kenaikan suku bunga agresifnya.

Dow Jones berjangka naik lebih dari 400 poin atau 1,2 persen, sedangkan S&P 500 berbasis luas naik 1,6 persen, dan Nasdaq melonjak 2,2 persen.

Kenaikan terjadi setelah laporan indeks harga konsumen, yang menunjukkan inflasi tidak berubah dibandingkan dengan Juni, sementara laju tahunan melambat menjadi 8,5 persen dari 9,1 persen pada Juni.

Sumber: CNA

KEYWORD :

Inflasi Tahunan AS Amerika Serikat Harga Bahan Bakar Perang Rusia dan Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :