Rabu, 01/05/2024 01:29 WIB

Sekjen Kemendes Sukses Tahan Remis Juara Dunia Catur

Masruri sendiri pernah menjadi Juara 1 Kejuaraan Dunia Antar-pelajar Kelompok Usia 13 tahun di Yunani pada 2009

Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid sukses tahan resmi Juara Dunia Catur Masruri Rahman dalam Eksebisi Catur di Kemendes PDTT (Humas Kemendes)

Jakarta, Jurnas.com - Panitia Dirgahayu Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmugrasi (Kemendes PDTT) mengundang FIDE Master Masruri Rahman.

Kedatangan Juara Dunia Catur ini untuk mengikuti eksbisi Catur Simultan melawan Pejabat Tinggi Pratama, ASN dan atlit Catur Kemendes PDTT.

Eksebisi ini dilaksanakan di Operational Room Kantor Kemendes Kalibata pada Rabu (3/8/2022).

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid saat membuka eksebisi Catur ini mengatakan, Kemendes menggelar berbagai lomba untuk HUT ke-77 RI.

"Dalam HUT ke-77 RI, Kemendes menggelar Catur yang masuk olahraga otak dan ada juga olahraga fisik jadi saya berharap ini jadi semangat bagi kita semua," kata Taufik.

Taufik sendiri setengah berkelakar jika ada atlit Kemendes yang bisa mengalahkan Masruri bakal diberi hadiah.

"Saya akan berikam hadiah naik haji bagi yang mampu," kelakar Sekjen Taufik yang disambut tawa pejabat dan atlit catur Kemendes.

Setelah itu, FIDE Master Masruri Rahman menjelaskan aturan soal catur simultan satu melawan 40 orang.

"Peraturannya sederhana, karena simultan, pergerakan pemain setelah saya tiba di papan catur agar ada kesinambungan," kata Masruri.

Pertandingan simultan ini dibuka dengan Masruri melawan Sekjen Taufik yang dilanjutkan melawan Kepala Biro Hukum Teguh dan Kepala Biro Umum Danton Ginting.

Dengan mengandalkan Pembukaan Gambit, Masruri bermain cepat. Sesi pertama saja, dia sudah sanggup mengalahkan lima pemain.

Pada Sesi Kedua, Sekjen Taufik akhirnya sukses menahan remis Masruri Rahman. Sayangnya Teguh dan Danton Ginting tidak mengikuti kesuksesan Sekjen Taufik.

Salah seorang atlit Catur Kemendes PDTT dari Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan yang sukses kalahkan Masruri Rahman.

Masruri sendiri pernah menjadi Juara 1 Kejuaraan Dunia Antar-pelajar Kelompok Usia 13 tahun di Yunani pada 2009 dan diganjar Piagam Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya.

Masruri yang meraih FIDE Master tahun 20114 juga Peraih Rekor MURI Pecatur Junior Berprestasi Bermain Simultan melawan 200 Peserta Tahun 2010.

KEYWORD :

Masruri Rahman Catur Kemendes PDTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :