Minggu, 28/04/2024 04:34 WIB

Cuaca Halangi Evakuasi Jenazah Tim Survey Geology PLTA

Jika curah hujan yang mengguyur sejak Minggu pagi hingga sore sudah mereda, maka proses evakuasi terhadap jenazah direncanakan akan dilakukan pada Senin (9/1).

Jenazah

Aceh Selatan - Evakuasi jenazah anggota tim survey geology PLTA dari PT Trinusa Energy Indonesia, Mukhtar Yuli (20 tahun) yang menjadi korban terseret arus Sungai Alue Buloh, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, belum bisa dilakukan. Sebab, kondisi curah hujan membuat air sungai meluap dan berbahaya.

Jenazah Muktar Yuli sebenarnya sudah ditemukan oleh warga pada Kamis (5/1) di Pulau Dua Sarah Meulayang, Kecamatan Kluet Tengah. "Untuk menghindari jatuh korban jiwa susulan karena air sungai masih meluap diputuskan proses evakuasi terhadap jenazah tersebut ditunda. Petugas BPBK dan Satgas SAR yang sudah berada di lokasi sejak Jumat (6/1) sudah diperintahkan turun kembali ke Tapaktuan," kata Camat Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Muktar Yatim di lokasi kejadian Minggu (8/1).

Menurutnya, jika curah hujan yang mengguyur sejak Minggu pagi hingga sore sudah mereda, maka proses evakuasi terhadap jenazah direncanakan akan dilakukan pada Senin (9/1). Muktar turut menjadi korban terseret arus Sungai Alue Buloh bersama dua korban lainnya asal Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 29 Desember 2016.

Ditundanya proses evakuasi terhadap jenazah yang sudah 12 hari dinyatakan hilang tersebut, jelas Muktar, menindaklanjuti insiden yang dialami pihak petugas BPBK dan Satgas SAR saat hendak menuju ke lokasi dimaksud pada Jumat (6/1). Saat petugas hendak menuju ke lokasi penemuan jenazah, perahu bermesin robin yang ditumpangi petugas terbalik saat mengarungi muara sungai yang sedang meluap dan deras. Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa karena petugas semuanya memakai baju pelampung.

"Namun akibat insiden itu, mesin perahu tersebut hilang tenggelam ke dasar sungai termasuk kantong jenazah yang dibawa petugas juga hilang dibawa arus sungai yang deras. Namun untuk kebutuhan kantong jenazah sudah dikirim kembali oleh pihak BPBK Aceh Selatan," ujarnya seperti dikutip Antara.

Jarak antara Desa Alue Keujrun dengan lokasi penemuan jenazah tersebut di Pulau Dua Sarah Meulayang di atas Kampung Alue Keujrun sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan perahu bermesin robin. Sedangkan jarak antara Desa Alue Keujrun yang berada di pedalaman Kecamatan Kluet Tengah dengan Jambur TK, sebuah pelabuhan mini di pinggir Sungai Kluet sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan menggunakan perahu berukuran kecil bermesin robin.

Muhajir

KEYWORD :

Korban hanyut aceh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :