Sabtu, 04/05/2024 19:22 WIB

WHO Minta Kaum Homoseksual Batasi Pasangan Seks

WHO Minta Kaum Homoseksual Batasi Pasangan Seks

Tabung reaksi berlabel Monkeypox virus positive terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 23 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

JAKARTA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta pria yang berhubungan seks dengan pria, untuk membatasi pasangan seksual mereka. Pasalnya, mereka adalah kelompok paling terpengaruh cacar monyet. 

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan kepada wartawan bahwa cara terbaik untuk melindungi dari infeksi adalah mengurangi risiko paparan.

"Untuk laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, ini termasuk, untuk saat ini, mengurangi jumlah pasangan seksual Anda, mempertimbangkan kembali hubungan seks dengan pasangan baru, dan bertukar rincian kontak dengan pasangan baru untuk memungkinkan tindak lanjut jika diperlukan," katanya, Rabu (27/8).

Lonjakan infeksi cacar monyet telah dilaporkan sejak awal Mei di luar negara-negara Afrika Barat dan Tengah di mana penyakit itu telah lama mewabah.

Tedros mengatakan Rabu bahwa lebih dari 18.000 kasus cacar monyet kini telah dilaporkan ke WHO dari 78 negara, dengan 70 persen kasus dilaporkan di Eropa dan 25 persen di Amerika.

"Lima kematian telah dilaporkan dalam wabah sejak Mei, dan sekitar 10 persen dari mereka yang terinfeksi berakhir di rumah sakit untuk mengatasi rasa sakit," katanya.

Sekitar 98 persen kasus terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pekan lalu menemukan bahwa 98 persen orang yang terinfeksi adalah pria gay atau biseksual, dan 95 persen kasus ditularkan melalui aktivitas seksual.

Tetapi para ahli mengatakan, penularan penyakit, yang menyebabkan ruam yang melepuh, tampaknya terutama terjadi selama kontak fisik yang dekat, dan cacar monyet sejauh ini belum diberi label infeksi menular seksual (IMS).

Para ahli juga memperingatkan agar tidak berpikir bahwa hanya satu komunitas yang dapat terkena penyakit ini, menekankan bahwa virus tersebut menyebar melalui kontak kulit ke kulit secara teratur, dan juga melalui tetesan atau menyentuh tempat tidur atau handuk yang terkontaminasi di lingkungan rumah tangga.

"Siapa pun yang terpapar bisa terkena cacar monyet," kata Tedros, mendesak negara-negara untuk mengambil tindakan untuk mengurangi risiko penularan ke kelompok rentan lainnya, termasuk anak-anak, wanita hamil, dan mereka yang mengalami imunosupresi.

WHO telah berulang kali memperingatkan terhadap stigma seputar penyakit ini, yang dapat menghalangi mereka yang terinfeksi untuk mencari pengobatan. "Stigma dan diskriminasi bisa sama berbahayanya dengan virus apa pun, dan dapat memicu wabah,” kata Tedros.

Andy Seale dari program infeksi menular seksual WHO, menekankan bahwa pesan seputar perlunya pria gay dan biseksual untuk mengurangi jumlah pasangan seksual mereka "berasal dari komunitas itu sendiri".

Tetapi dia mengatakan ini mungkin hanya “pesan jangka pendek karena kami berharap wabah itu, tentu saja, akan berumur pendek”.

Dia menekankan bahwa langkah-langkah lain juga akan diperlukan untuk menurunkan jumlah kasus, termasuk menyebarkan informasi tentang gejala yang harus diwaspadai dan kebutuhan untuk mengisolasi dengan cepat, dan akses ke tes dan obat-obatan.

Vaksin yang awalnya dikembangkan untuk melawan cacar – sepupu monkeypox yang jauh lebih mematikan yang telah diberantas lebih dari empat dekade lalu – telah ditemukan untuk melindungi dari virus, tetapi pasokannya tidak banyak.

Tedros juga menyoroti bahwa vaksinasi tidak akan memberikan perlindungan instan terhadap infeksi atau penyakit, dan dapat memakan waktu beberapa minggu.

Adapun tantangan pasokan, dia mengatakan ada sekitar 16 juta dosis vaksin utama, dari pembuat obat Denmark Bavarian Nordic, tetapi kebanyakan dari mereka dalam bentuk curah.

"Mereka akan memakan waktu beberapa bulan untuk mengisi dan menyelesaikannya menjadi botol yang siap digunakan," katanya, mendesak negara-negara yang telah mengamankan dosis untuk berbagi.

"Kita harus memastikan akses yang adil ke vaksin untuk semua individu dan komunitas yang terkena cacar monyet di semua negara, di semua wilayah," sambungnya.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

WHO Homoseksual Cacar Monyet Pasangan Seks




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :