Kamis, 09/05/2024 12:07 WIB

Kenang Shinzo Abe, Trump: Dia Sosok Pemimpin Pemersatu

Kenang Shinzo Abe, Trump: Dia Sosok Pemimpin Pemersatu

Donald Trump dan Shinzo Abe (Foto: BBC)

Washington, Jurnas.com - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menggambarkan sosok mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, sebagai pemimpin pemersatu di panggung global.

Abe tewas setelah mendapatkan dua tembakan di punggungnya, ketika sedang berpidato di Kota Nara, Jepang, pada Jumat (8/7) siang. Dia sempat kritis sebelum akhirnya meninggal dunia.

"Dia adalah sosok pemersatu tidak seperti yang lain, tetapi di atas semua itu, dia adalah seorang pria yang mencintai dan menghargai negaranya yang megah, Jepang," kata Trump dikutip dari BBC.

"Shinzo Abe akan sangat dirindukan," imbuh dia.

Trump berharap agar pelaku penembakan segera mendapatkan hukuman. "Mudah-mudahan akan ditangani dengan cepat dan keras," ujar Trump.

Pada Februari 2017, Trump menyambut Abe ke Gedung Putih dan kemudian ke resornya di Florida. Keduanya sempat bermain golf di kediaman Trump.

Sembilan bulan kemudian, Trump melakukan perjalanan ke Jepang dan sekali lagi pada Mei 2019, menjadi pemimpin dunia pertama yang bertemu Kaisar Naruhito yang baru bertahta.

KEYWORD :

Shinzo Abe PM Jepang Donald Trump Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :