Jum'at, 26/04/2024 17:32 WIB

Fenomena Langka! Lima Planet Berada Satu Garis Lurus

Fenomena Langka! Lima Planet Berada Satu Garis Lurus

Fenomena langka, lima planet berada satu garis lurus (Foto: BBC)

London, Jurnas.com - Lima planet di tata surya kita akan bersinar terang berturut-turut mulai Jumat (24/6) ini. Jika langit cerah, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus dapat dilihat dengan mata telanjang sebelum fajar.

Dikutip dari BBC, ini adalah kesempatan khusus untuk melihat Merkurius, yang biasanya tidak terlihat karena kalah oleh cahaya terang Matahari. Waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena langka ini ialah Jumat ini, namun akan tetap terlihat sampai Senin lusa.

Menurut penelitian, terakhir kali fenomena ini terjadi ialah tahun 2004 silam, dan tidak akan terlihat lagi sampai tahun 2040.

Planet-planet itu akan tampak "seperti untaian mutiara yang tersebar dari dekat cakrawala", menurut keterangan ilmuwan luar angkasa dan kepala pengamat bintang di Society for Popular Astronomy, Prof. Lucie Green.

"Ini juga merupakan peristiwa khusus karena planet-planet akan muncul dalam urutan posisinya dari matahari," terang dia.

"Itu tidak selalu terjadi pada konjungsi planet karena perspektif kita dari Bumi melihat ke tata surya," lanjut Green.

Belahan bumi utara, termasuk Inggris, akan mendapatkan pemandangan terbaik antara 45 dan 90 menit sebelum matahari terbit. Untuk meyaksikan fenomena ini, disarankan bangun lebih pagi, karena begitu matahari terbit, cahayanya akan menyapu langit dan menutupi planet-planet tersebut.

KEYWORD :

Fenomena Langka Tata Surya Planet Segaris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :